Home / Kota Musi / Terima Bantuan Rp 500 Juta, Kelurahan 15 Ilir Perkuat Perbaikan Infratruktur

Terima Bantuan Rp 500 Juta, Kelurahan 15 Ilir Perkuat Perbaikan Infratruktur

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda saat meninjau program Kotaku di Kelurahan 15 ilir. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) untuk mengentaskan wilayah kumuh di Kota Palembang, nampaknya dimanfaatkan dengan baik oleh Kelurahan 15 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I Palembang. Dimana dengan menerima bantuan dana mencapai Rp 500 juta, dimanfaatkan untuk memperbaiki infrastruktur, seperti jalan dan saluran.

“Program Kotaku di kawasan ini sudah berjalan sangat baik, dimana saluran air yang lancar, jalannya pun diperbaiki dan yang paling penting disini juga banyak menyediakan gerobak pengangkut sampah agar sampah dirumah-rumah warga tidak menumpuk,” ungkap Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda usai meninjau program Kotaku di Jalan Rupit, Kelurahan 15 ilir Kecamatan IT I palembang, Selasa (5/12/2017)

Menurut Finda begitu sapaan akrabnya, Pemkot Palembang dengan program Kotaku menargetkan zero kota tanpa kumuh pada tahun 2019 mendatang. Untuk itu, dirinya menghimbau kepada warga untuk menjaga fasilitas apa yang telah dibangun, seperti mempertahankan kebersihan yang ada.

Selain itu, ia berharap, dengan adanya program Kotaku ini masyarakat disetiap kelurahan bisa menikmati dan terbantu dengan adanya program ini. Sedangkan untuk dana, lanjut Finda, setiap kelurahan mendapat bantuan kisarannya berbeda-beda sesuai kebutuhan masing-masing wilayah.

“Program Kotaku ini hanya menyasar ke 32 kelurahan, dimana besaran bantuan dananya berbeda-beda sesuai kebutuhan dengan masing-masing wilayah. Apa yang sudah dibangun juga kita harapkan dijaga dengan baik oleh masyarakat agar hal ini bisa dinikmati hingga anak cucu kita. Jangan sampai baru beberapa bulan diperbaiki, saluran dan jalan sudah rusak,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini tantangan terbesar Pemkot Palembang, antara lain bagaimana merubah pola hidup sehat pada masyarakat Kota Palembang itu sendiri. Jadi, dengan adanya program Kotaku ini, diprioritaskan diwilayah-wilayah yang terkesan kumuh agar lebih rapi dan indah.

“Seluruh daerah di 18 Kecamatan dan 107 kelurahan mendapat perhatian. Namun yang lebih diprioritaskan hanya 32 kelurahan, dimana tempat yang masih sangat tidak layak huni akan ditata sehingga menghilangkan kesan kumuhnya. Kedepannya kita juga berharap program ini akan berkelanjutan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Satuan Kerja Pempabangunan Indrastrukur Pembangunan (Saker PIP) Kecamatan IT I Palembang, Albert Mudianto menambahkan, untuk di wilayah Kelurahan 15 ilir, pihaknya mendapat bantuan sebesar Rp 500 juta dari program Kotaku. Dimana, dana tersebut di prioritaskan untuk infrastruktur, seperti memperbaiki jalan dan saluran air.

“Kita manfaatkan untuk membuat jembatan, memperbaiki jalan hingga saluran air, agar diwilayah kita ini terlihat rapi dan indah, sehingga jauh dari kesan kumuh,,” pungkasnya. (rgn)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

KPU Sumsel Gelar Debat Publik Dua Kali

Palembang, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel sudah menyusun tahapan pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel yang ...

error: Content is protected !!