Home / Go Sport / Terkait Asian Games 2018, Indonesia Diwanti-wanti Perihal Dana & Polemik Sepakbola Nasional

Terkait Asian Games 2018, Indonesia Diwanti-wanti Perihal Dana & Polemik Sepakbola Nasional

Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah

Teheran – Secara garis besar Indonesia dipandang positif dalam persiapanny jelang Asian Games 2018. Namun, ada beberapa masukan juga yang didapat Indonesia khususnya terkait dana dan polemik di persepakbolaan nasional.

Hal ini terungkap usai pertemuan antara Delegasi Indonesia dengan Komite Olimpiade Asia (OCA) dalam rapat tahunan organisasi itu di Teheran, Iran, Kamis (21/5) kemarin. Delegasi Indonesia sendiri diwakili unsur-unsur KOI, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Sekretaris Kabinet (Setkab), Pemda DKI Jakarta, dan Pemda Sumatera Selatan. DKI dan Sumsel jadi tuan rumah bersama Asian Games mendatang.

Dalam rapat tahunan tersebut berisi agenda evaluasi perhelatan Asian Games 2014 lalu di Incheon, Korea Selatan. Selain itu OCA juga meminta laporan perkembangan Asian Games 2018 dari pihak Indonesia.

Ada 13 butir penting yang disampaikan oleh delegasi Indonesia di antaranya yang paling terkait sudah diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) tentang Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 pada 30 April lalu, yang diberi nama INASGOC (Indonesian Asian Games Organizing Committee).

Baca Juga :   Sampdoria Jajaki Kemungkinan Rekrut Cassano

Keppres ini penting untuk bisa menunjang kerja INASGOC dan seluruh pihak terkait agar nantinya bisa menghelat Asian Games dengan baik. Usai pertemuan dengan OCA, Kemenpora rencananya akan menggelar rapat awal pekan ini dengan jajaran Sekretariat Negara, untuk mempertajam persiapan acara olahraga multievent tersebut.

Seperti diberitakan situs resmi Kemenpora, OCA memberi tanggapan memuaskan atas pemaparan delegasi Indonesia. Meski demikian, OCA menyampaikan delapan hal yang cukup kritis terkait persiapan Indonesia jadi tuan rumah.

1. Pemerintah Indonesia harus lebih serius mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games 2018

2. Pemerintah Indonesia harus memiliki rekening anggaran tertentu yang sewaktu-waktu dapat dicek oleh OCA, semata-mata untuk memastikan bahwa ketersediaan anggaran untuk Asian Games 2018 memang cukup memadai.

Baca Juga :   Nainggolan: Saya Pantas ke Piala Dunia

3. OCA tetap membuka tangan bagi kerjasama lebih erat dengan Pemerintah Indonesia jika menemukan sejumlah kesulitan.

4. Pemerintah Indonesia diminta tetap harus lebih awal mempersiapkan masalah advertising dan broadcasting dalam kerangka kegiatan public relations untuk Asian Games 2018.

5. OCA juga menyoroti masalah persepakbolaan Indonesia terkait dengan FIFA, sehingga Pemerintah Indonesia diharapkan dapat menyelesaikannya dengan baik dan cepat.

6. Pemerintah Indonesia harus tetap menggunakan standar internasional dalam persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018, dan tidak boleh menggunakan standar lain yang tidak sesuai dengan tolok ukur OCA serta harus dengan pola pikir yang open mind.

7. Pemerintah Indonesia harus segera membuat sekretariat tetap dan didukung dengan keberadaan SDM yang permanen untuk panitia Asian Games 2018 tersebut.

8. Dua bulan lagi OCA akan melakukan pengecekan lagi terhadap kesiapan Indonesia.

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Messi Bikin Saya Lebih Baik

Jakarta, KoranSN Bintang sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo mengakui kecemerlangan kariernya juga dikarenakan ada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.