Terpantau 101 Titik Api di PALI, BPBD Prediksi Bulan Agustus Puncak Musim Kemarau

Petugas gabungan BPBD PALI bersama stakeholder terkait saat berjibaku memadamkan api. (foto-anasrul/koransn)

PALI, KoranSN

Terhitung sejak Januari 2020 hingga saat ini ada sebanyak 101 titik api muncul di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Guna mengantisipasi bertambahnya bencana asap akibat kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunla) saat musim kering, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI terus menghimbau warga PALI untuk tetap waspada dan hindari membuat api sembarangan.

Kepala BPBD PALI, Junaidi Anuar menuturkan bahwa prakiraan dari BMKG puncak kemarau tahun ini terjadi pada pertengahan Agustus hingga Oktober 2020.

Untuk itu, pihaknya meminta keikutsertaan seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga agar jangan sampai terjadi bencana Karhutbunla di Bumi Serepat Serasan.

Baca Juga :   Gerakan BBM untuk Kurangi Sampah Plastik

“Kami tidak pernah bosan mengajak masyarakat untuk antisipasi timbulnya Karhutbunla yang berimbas adanya bencana asap.” ungkap Junaidi, Kamis (6/8/2020).

Junaidi menjelaskan, apabila ada api segeralah dipadamkan, jangan membuat api sembarangan serta apabila api tidak bisa dikendalikan, maka cepat hubungi call center 0812-8058-0666 atau hubungi Damkar karena musim kemarau baru dimulai.

Dari pantauan BPBD PALI, titik api atau hotspot sejak Januari sampai saat ini terdapat 101 titik api.l yang tersebar di lima kecamatan wilayah Bumi Serepat Serasan.

“Untuk itu kita harus waspadai bersama karena apabila sudah terjadi bencana itu merupakan tanggung jawab bersama,” katanya.

Dalam mengantisipasi bencana asap, BPBD bersama tim satgas terdiri dari TNI, Polri, Satpol.PP, Dinkes, PMI, Damkar, Manggala Agni serta sejumlah perusahaan siaga penuh.

Baca Juga :   Tuntut Gaji 5 Bulan, Ratusan Guru Honor SMA di Muratara Demo

“Kita siaga penuh untuk halau api supaya kabupaten PALI tahun 2020 ini terhindar dari bencana asap. Untuk itu mari kita hindari kegiatan yang memicu timbulnya api,” katanya. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kopi Jadi Program Prioritas Pemkot Pagaralam

Pagaralam, KoranSN Kopi merupakan komoditi perkebunan andalan yang menjadi kekuatan ekonomi masyarakat Kota Pagaralam sejak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.