Home / Gema Sriwijaya / Tes Urine Bakal Calon Libatkan BNN

Tes Urine Bakal Calon Libatkan BNN

H Zakaria. (foto-ist)

Kayuagung, KoranSN

Usai mendaftarkan diri sebagai pasangan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah ke KPU, seluruh kandidat diwajibkan memeriksa kesehatan di rumah sakit yang direkomendasikan KPU.

Pemeriksaan kesehatan juga meliputi tes urine untuk menciptakan pemimpin bersih dari Narkoba. Pemeriksanya adalah tim yang dibentuk Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel dengan melibatkan BNN Kabupaten/Kota.

“Tes urine dilaksanakan 11 Januari 2018. Setiap BNNK di kabupaten dan kota dilibatkan dalam tugas ini,”kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK OKI H Zakaria SSos MSi mewakili Kepala BNNK OKI kemarin.

Kata Zakaria, personil BNNK yang dilibatkan BNNP dalam pemeriksaan urine berjumlah 2 orang, yakni Kepala BNNK dan Kasi P2M. Hasil pemeriksaan urine akan diserahkan oleh tim kepada BNN pusat. “Lalu BNN pusat menyerahkannya ke KPU,”sambungnya.

Mengenai teknis tes urinenya, telah ditata dan disiapkan BNNP dan KPU Sumsel. “Yang pasti pada hari pertama pemeriksaan kesehatan, melibatkan BNNK dan Hipsi atau Himpunan Psikiater untuk memeriksa psikologis bakal calon,”tambah pria yang akrab disapa Kak Zek ini.

Setelah itu, KPU pusat menyampaikan ke seluruh KPU daerah untuk mengumumkan ke publik apakah kandidat itu bersih Narkoba atau tidak. Jika tidak bersih, maka KPU daerah berwenang membatalkan pencalonan kandidat untuk mengikuti Pilkada mendatang.

Ketua KPU OKI Dedi Irawan SIP MSi menjelaskan, pemeriksaan dijadwalkan tanggal 11, 12 dan 13 Januari mendatang. Tanggal 11 memeriksa psikotes dan urine kandidat. Hari selanjutnya memeriksa seluruh kesehatan organ tubuh kandidat. (iso)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

3 Paslon Empat Lawang Dinyatakan Lulus Kesehatan

Empat Lawang, KoranSN KPU Daerah Empat Lawang, Rabu malam (17/1/2018) menggelar rapat pleno terbuka penetapan ...

error: Content is protected !!