Tidak Ada TPA, Sampah di Kecamatan Abab Dibuang di Pinggir Jalan



Warga menunjukkan tumpukan Sampah di pinggir jalan umum menuju Desa Pengabuan PALI. (Foto-Anas/KoranSN)

PALI, KoranSN

Pemandangan sampah menumpuk di pinggir jalan raya sudah tidak asing lagi terlihat dibeberapa tempat di wilayah Bumi Serepat Serasan. Kali ini, terpantau di jalan umum menuju Desa Pengabuan Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Tumpukan sampah di pinggir jalan itu selain merusak keindahan, juga menimbulkan bau menyengat yang tentunya mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

“Kami terpaksa buang sampah di pinggir jalan dan terkadang dibuang ke sungai, sebab di wilayah desa kami tidak ada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk sampah,” ujar salah satu warga.

Baca Juga :   Dewan Muba Minta Blank Spot Sinyal Telekomunikasi Diatasi

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yuhairudin saat dikonfirmasi, Selasa (29/1/2019) mengaku, bahwa memang saat ini baru ada satu TPA yang menampung sampah di dua kecamatan, yakni Kecamatan Talang Ubi dan Tanah Abang yang letaknya di Simpang Bandara Handayani Mulya.

Untuk itu kedepan pihaknya telah mewacanakan pembangunan satu TPA satu kecamatan. Namun diakuinya, wacana tersebut tengah digodok mengingat perlu perencanaan yang matang karena memerlukan biaya tidak sedikit dan memerlukan lahan yang cukup.

Untuk mengatasi masalah sampah dipinggir jalan, Yuhairudin mengajak kepala desa untuk kreatif membuatkan penampungan sampah dan kalau bisa mengelolahnya.

Baca Juga :   Muratara Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Provinsi Sumsel

“Seperti di Kecamatan Tanah Abang, ada sebuah kelompok yang mengelola sampah menjadi kompos dan produk lainnya, yang mampu mengurangi sampah di kecamatan tersebut. Selain mengurangi sampah, tentu akan menambah penghasilan masyarakat,” ujar Yuhok sapaana akrab Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini. (ans)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Bupati Lahat Sholat Isya dan Taraweh Berkeliling di Kabupaten Lahat

Lahat, KoranSN Dalam rangka bulan Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Lahat melaksanakan Sholat Isya dan Taraweh secara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.