Minggu , Januari 20 2019
Home / Kota Musi / Tiga Kecamatan Masih Kumuh

Tiga Kecamatan Masih Kumuh

Persatuan Jaksa Indonesia
H Harnojoyo. (Foto-Ferdinand/Koransn)

Palembang, KoranSN

Pemkot Palembang menilai Kecamatan Jakabaraing, SU I dan Kertapati masih terkesan kumuh. Untuk itu ketiga kecematan tersebut akan ditata melalui bedah rumah dengan anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 16 miliar.

Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan, Kota Palembang saat ini memiliki 57 titik sebaran wilayah kumuh. Guna mengatasi kesan kumuh tersebut, salah satunya dengan cara bedah rumah.

“Saat ini kita sedang melakukan perimbangan pembangunan di wilayah SU, dimana dana anggaran kota dan provinsi dialihkan ke Seberang Ulu. Jadi kedepannya dengan menata tiga kecamatan itu agar hilang dari kesan kumuh,” ungkap.

Baca Juga :   Harnojoyo Terima Salinan SK Pemberhentian Romi

Dikatakannya, program bedah rumah kedapan akan terus dilakukan untuk mengurangi kawasan kumuh di Palembang.

“Kita sudah beberapa kali membantu masyarakat dengan program bedah rumah. Jadi kedepannya target kita dalam setahun harus menata minimal 15 wilayah yang harus dituntaskan guna mengurasi zero willayah kumuh di Kota Palembang,” jelasnya.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang, Harrey Hadi mengatakan, untuk mengatasi wilayah kumuh tahun 2018 ini, Pemkot Palembang telah menyiapkan anggaran Rp 16 miliar terdiri dari; Rp 6 miliar dari dana APBN dan Rp 10 miliar dari dana APBD yang dikhususkan untuk bedah rumah.

Baca Juga :   PKL di Depan PT Pusri Segera Ditertibkan

Hal ini dilakukan sama seperti tahun 2017 lalu, dimana Pemkot Palembang sudah melakukan bedah rumah sebanyak 3.002 rumah dengan anggaran sebesar Rp 48 miliar.

“Saat ini guna menciptakan kota baru di wilayah Seberang Ulu (SU) sesuai Perwako, kita juga sedang menata tiga kecamatan, yakni Jakabaraing, SU I dan Kertapati. Saat ini lagi masa pemerataan pembangunannya. Jadi masyarakat miskin di Palembang akan dibantu dengan program bedah rumah ini. Selain kawasan kumuh, kita juga akan menata jalan serta drainase,” ujarnya. (rgn)

Hotel Grand Inna Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Jakabaring Akan Dijadikan Pusat Pengembangan Kota Palembang

Palembang, KoranSN Kawasan Jakabaring kedepan akan menjadi wilayah yang paling memungkinkan sebagai pusat pengembangan Kota ...