Home / Nasional / Tiga Sumber Pasokan Senjata Kelompok Bersenjata Papua

Tiga Sumber Pasokan Senjata Kelompok Bersenjata Papua


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Senjata api yang disita dari kelompok bersenjata di papua. (foto-net/vivanews.com)

Jakarta, KoranSN

Kepala Kepolisian RI, Jenderal Tito Karnavian mengatakan, kelompok kriminal bersenjata yang menembaki para pekerja Trans Papua pada Minggu 2 Desember 2018, menggunakan senjata dari beberapa sumber. Senjata tersebut yang mereka gunakan dalam setiap operasi kelompok yang dipimpin Egianus Kogoya itu.

“Pertama, mereka biasanya mendapatkannya dengan merampas dari anggota-anggota (Polri/TNI) yang lengah,” kata Tito, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Sumber senjata lain, menurut Tito adalah bekas konflik Ambon. Sebab, banyak senjata yang beredar ketika peristiwa itu terjadi.

Baca Juga :   Massa Aksi 22 Mei Medan Gelar Shalat Tarawih Berjamaah di Tengah Jalan

“Beberapa kali kita menduga senjata itu berasal dari eks konflik Ambon. Dulu banyak senjata beredar di situ. Gudang Brimob saja dijebol,” kata mantan kapolda Metro Jaya ini.

Sumber senjata yang diperoleh kelompok ini, menurut Tito juga dari jalur ilegal. Yakni, oknum dari negara tetangga, Papua Nugini.

“Jalur-jalur ilegal di perbatasan Papua Nugini. Saya tidak mengatakan dari pemerintah, tapi dari jalur ilegal oknum-oknum di perbatasan Papua Nugini itu beberapa kali juga kita tangkap,” katanya. (vivanews)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Yusril Mahendra Sambut Baik Prabowo-Sandiaga Daftarkan Gugatan ke MK

Jakarta, KoranSN Ketua Tim Hukum capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra, menyatakan menyambut baik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.