Tim Khusus Antibandit Bekuk Komplotan Pencuri Batubara

Sepeda motor yang digunakan para tersangka untuk mengangkut batubara yang dicuri. (foto-istimewa)

Palembang, KoranSN

Tim Khusus Antibandit (Tekab) 134 yang dibentuk Kapolresta Palembang, Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono, Selasa (23/10/2018) pukul 04.00 WIB berhasil membekuk 10 tersangka yang merupakan komplotan pencurian batubara.

Adapun para tersangka yang ditangkap tersebut yakni; Maryati (47), Poniran (59), Aji Notri Saputra (23) Rian Hidayat (26), M. Zakaria (19) Supriyanto (48) dan Candra Pratana (27), yang ketujuhnya tercatat sebagai warga Jalan Abi Kusno Kelurahan Kemang Agung Kecamatan Kertapati Palembang.

Sementara tiga tersangka lainnya yakni; Bambang Irawan (32), warga Jalan Kimarogan Kelurahan Kemas Rindu Kertapati Palembang, Hendra (31) warga Jalan Semendawai 3-4 Ulu Palembang, dan terangka Agus Setiawan (52), warga Jalan Sersan Sani Kelurahan Talang Aman Kecamatan Kemuning yang dalam kasus ini memiliki peran sebagai penadah.

Baca Juga :   Perampok Sadis Todongkan Pistol ke Kepala Pengusaha Kaca di Kemuning

Wakasat Reskrim Polresta Palembang, AKP Ginanjar Aliya Sukmana SIK mengatakan, para tersangka ditangkap karena melakukan pencurian batubara yang sedang diangkut kereta api Babaranjang di kawasan Implasmen Stasiun Kertapati yang berada di Jalan Abi Kusno Kertapati Palembang, Selasa (23/10/2018) pukul 04.00 WIB.

Tampak ratusan karung berisi batubara yang dicuri oleh para tersangka.

“Para tersangka ini mencuri bartubara saat kereta api Babaranjang yang membawa batubara dari Tanjung Enim memasuki daerah Implasmen Stasiun Kertapati, dimana saat itu para tersangka membuka pintu kecil gerbong hingga membuat batubara yang diangkut kerata api terjatuh di pinggir rel. Setelah itu, para tersangka mengumpulkan batubara yang berjatuhan tersebut menggunakan karung. Kemudian para tersanngka mengakutnya menggunakan sepeda motor,” ungkapnya.

Masih dikatakan Ginanjar, usai melakukan pencurian, para tersangka menjualkan batubara tersebut kepada tersangka Agus Setiawan yang merupakan selaku penadah dalam kasus ini.

Baca Juga :   Kawanan Maling Gasak Puluhan Komputer Sekolah

“Terungkapnya kasus pencurian tersebut setelah kami melakukan penyelidikan terkait laporan korban hingga akhirnya dilakukan penangkapan terhadap para tersangka,” ungkapnya.

Lanjut Ginanjar, dalam penangkapan para tersangka pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti, yang terdiri dari; 450 karung berisi batubara, tujuh unit sepeda motor, dua sekop dan ember.

“Saat ini para tersangka dan barang bukti telah diamankan di Polresta Palembang guna dilakukan proses hukum lebih lanjut,” tegas Ginanjar. (ded/rob)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kecelakaan Maut di Tol Kayuagung 4 Tewas 1 Luka

Kayuagung, KoranSN Empat orang tewas di TKP dan 1 luka-luka dalam kecelakaan maut yang terjadi …