Home / Gema Sriwijaya / Tim Mabes Polri Lakukan Studi Kelayakan Pembentukan Polres PALI

Tim Mabes Polri Lakukan Studi Kelayakan Pembentukan Polres PALI

Tim Mabes Polri dan Bupati saat melakukan peninjauan bakal lokasi pembangunan Polres PALI. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Keinginan masyarakat dan pemerintah Kabupaten PALI untuk segera terbentuknya Kepolisian Resort (Polres) PALI sepertinya terbuka lebar. Karena, tim dari Markas Besar (Mabes) Polri yang diketuai Kombes Pol Yasdan Rivai M Hum beserta anggotanya, Selasa (13/2/2018) mendatangi Bumi Serepat Serasan.

Dalam kunjungannya ini, Tim Mabes Polri melakukan studi kelayakan pembentukan Polres PALI. Sebelum melakukan peninjauan, tim Mabes Polri terlebih dahulu memberikan pengetahuan tentang syarat dan kriteria terbentuknya organisasi Polres.

“Yang mengajukan pembentukan Polres cukup banyak, namun ada kategorinya, yakni prioritas dan non prioritas, dan salahsatu prioritas pembentukan Polres adalah kabupaten PALI, makanya kami datang ke PALI,” ungkap Yasdan.

Namun dijelaskan Kepala Bagian Kelembagaan Polri ini bahwa setelah mendengar banyaknya keinginan masyarakat untuk segera dibentuk Polres, dirinya akan berupaya sesuai ketentuan.

“Kami akan upayakan sesuai ketentuan, tapi kami tidak bisa tentukan kapan waktunya karena yang menentukan bukan hanya dari Polri tetapi masih ada konstitusi lain yang terlibat. Sebab, kedatangan kami kesini untuk studi kelayakan secara keseluruhan terkait pembentukan Polres, nantinya kita kaji, kemudian kita laporkan ke Kapolri, selanjutnya akan disampaikan ke MenPAN RB,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, Yasdan memaparkan syarat dan kriteria pembentukan organisasi Polres.

“Syarat dan kriteria pembentukan organisasi Polres adalah adanya pemekaran kabupaten, kebutuhan organisasi polri, perkembangan gangguan kamtibmas, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian semakin meningkat, dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat, dan memenuhi kategori nilai yang ditentukan berdasarkan klasifikasi ketentuan kewilayahan. Selain itu ada peraturan perundang-undangan menetapkan pemerintah Kabupaten PALI, terpenuhi kategori nilai, ada dukungan masyarakat serta tersedianya lahan, karena TNI Polri tidak menyiapkan anggaran penyiapan lahan,” bebernya.
Untuk hasilnya, dirinya tidak bisa mengungkapkan sekarang.

“Namonyo lagi buat kajian, jadi belum bisa menyimpulkan. Namun semuanya memungkinkan untuk bisa terbentuknya Polres

PALI,” pungkas perwira melati tiga itu.Sementara itu, Bupati PALI yang menyambut dan mendampingi langsung tim Mabes Polri mengatakan bahwa Pemkab sudah menyiapkan lahan lebih kurang 5 hektare.

“Untuk pembangunan Polres, kami telah siapkan lahan lebih kurang 5 hektar. Dan kami berharap Polres bisa segera berdiri untuk menekan angka kriminalitas di wilayah Kabupaten PALI,” tukasnya. (ans)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Pipa Disabotase, Pertamina Alami Kerugian 12,6 Barel Minyak Mentah

PALI, KoranSN Akibat pipa minyak milik Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field yang bocor karena ...

error: Content is protected !!