Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020

Tim Monitoring Kecamatan Rupit Tinjau Pembangunan di Desa Bingin Rupit

Tampak Kades Bingin Rupit, Hengki Basyp bersama tim monitoring saat meninjau pembangunan jalan setapak dan embung desa. (foto-sunardi/koransn)

Muratara, KoranSN

Sebagai bentuk pembinaan, pengawasan dan evaluasi terhadap penggunaan dana desa (DD), alokasi dana desa (ADD) dan dana bantuan gubernur (Bangub) oleh kepala desa (Kades), Tim Monitoring Kecamatan Rupit tinjau pembangunan di Desa Bingin Rupit.

Camat Rupit, Deni Andri mengatakan, monitoring ini adalah bentuk pembinaan, pengawasan dan evaluasi terhadap uang yang telah dikeluarkan oleh pemerintah desa (Pemdes).

“Apa saja yang perlu dipersiapkan oleh Kades ketika tim monitoring ini datang ke desa-desa? Pertama, Pak Kades harus menyiapkan dokumen dokumennya setelah itu tim monitoring ini akan ngecek ke lapangan. Nah, dari hasil tim monitoring inilah nantinya apakah perlu direkomendasikan ke yang lebih tinggi lagi atau tidak,” kata Camat, kemarin.
Sementara itu, Kades Bingin Rupit, Hengky Basyp mengatakan pihaknya sangat bangga atas kedatangan tim monitoring ini karna monitoring seperti ini bisa mengurangi rasa curiga masayarakat terhadap Pemdes atas penggunaan dana desa.

Baca Juga :   Pastikan Natal di Lubuklinggau Aman, Polres dan Kodim 0406 MLM Gelar Patroli Duren

“Kami berharap kepada tim monitoring dari Kecamatan Rupit, tolong bimbing dan arahannya kepada kami agar kami bisa mempertahankan prestasi yang sudah ada. Kalau untuk bangunan fisik, biasanya ditahun tahun sebelumnya kami ada serah terima bangunan dengan masyarakat,” kata Kades.

Kades menjelaskan untuk realisasi DD, ADD, dan Bangub Desa Bingin Rupit sudah terealisasi 100 persen semua“Untuk DD pembangunan fisiknya yaitu pembangunan jalan usaha tani jalur dua sepanjang 1,2 km dan pembangunan Embung Desa. Sedangkan anggaran pemberdayaannya kita bayar honorium guru paud, pembayaran guru honorium guru ngaji, pembayaran honorium marbot, Pembanyaran honorium kader kesehatan, kita mengadakan sosialisasi PATBM, kemudian pemberian gizi balita, pemberian gizi ibu hamil, karang taruna dan lain sebagainya,” jelasnya.

Baca Juga :   Satu-Satunya Candi di Indonesia yang Terdapat Tiga Aliran Agama

Kemudian untuk ADD nya lanjut Kades, dirinya keluarkan untuk pembayaran honorium perangkat desa, pembayaran honorium anggota BPD, pembayaran honorium lembaga adat, linmas, pembelian motor dinas, karang taruna dan lain lain.

“Sedangkan untuk Bangubnya, kita beli peralatan PKK, lapangan tenis meja, timbangan balita, alat alat kantor. Untuk anggaran BUMDesnya kita bergerak dibidang BRI Link, alat alat Dekorasi tenda dam kolam ikan patin. Alhamdulillah semuanya sudah terealisasi 100 persen semua namun belumnya pemasangan prasasti saja,” bebernya. (snd)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kades Embacang Baru Ilir Turun Tangan Bersihkan Lingkungan

Muratara, KoranSN Kepala Desa (Kades) Embacang Baru Ilir, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara turun tangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.