Rabu , September 26 2018
Home / Gema Sriwijaya / Tingkatkan Kinerja, DPRD Muba Ubah Tatib

Tingkatkan Kinerja, DPRD Muba Ubah Tatib

PARIPURNA – Rapat paripurna istimewa dalam rangka penyampaian usul perubahan tata tertib DPRD dan hukum beracara badan Kehormatan
DPRD Muba, di gedung paripurna DPRD Muba. (foto-sumantri/koransn.com)

Sekayu, KoranSN

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaupaten Musi Banyuasin (Muba), Senin (23/1/2017) menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka penyampaian usul perubahan tata tertib (Tatib) DPRD dan hukum beracara badan Kehormatan DPRD Muba, di gedung Paripurna DPRD Muba.

Dalam rapat yang dihadiri oleh Plt Sekda Drs H Apriyadi MSi dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Muba Abusari Burhan tersebut, diawali dengan mendengarkan laporan Wakil Ketua Komisi I Ziadatulher yang membacakan usulan perubahan tata tertib DPRD.

“Draf usulan perubahan tata tertib DPRD sebelumnya telah dilaksanakan pra-pembahasan oleh Badan Pembentukan Peraturan daerah (Perda) DPRD yang diajukan oleh Komisi I. Wacana untuk melakukan revisi tata tertib ini telah bergulir sejak tahun 2015,” ujar Ziadatulher.

Keinginan untuk melakukan perubahan ini, menurut Ziadatulher, bukanlah tanpa alasan. “Kemauan ini dilatar belakangi motif DPRD untuk meningkatkan kinerja sesuai dengan fungsinya dengan landasan hukum yang jelas dan tegas. Fungsi anggaran, fungsi pengawasan, fungsi pembentukan Perda akan berjalan dengan optimal jika didukung dengan aturan yang mampu merefleksikan nilai-nilai ideal mengadaptasi perkembangan sosial budaya masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga :   3 Pembunuh Edwar Limba Ditangkap

Sementara itu, Ismawati mewakili Badan Pembentukan Perda DPRD, membacakan draf usulan pembentukan hukum beracara badan kehormatan DPRD Muba. Usul tersebut berjudul ‘Peraturan DPRD Kabupaten Musi Banyuasin tentang tata beracara badan kehormatan dalam penegakan peraturan DPRD tentang tata tertib dan kode etik.

“Perlunya dibentuk peraturan DPRD dalam badan kehormatan adalah untuk legalitas dari penyelanggaraan pengawasan dan penegakan tata tertib dan kode etik yang dilaksanakan oleh badan kehormatan DPRD,” jelasnya.

Tata beracara yang diajukan oleh badan pembentukan Perda DPRD adalah draf yang memuat ketentuan yang bersifat formil, prosedural dan teknis bagi penegakan tata tertib dan kode etik DPRD.

Baca Juga :   DAS Dangkal, Kecamatan Betung Rawan Banjir

“Kami berharap dalam pembahasan lanjutan nanti, aspek filosopis, sosiologis dan yuridis semakin tercermin dalam peraturan DPRD ini. Semoga dengan dibentuknya peraturan DPRD ini makin dapat menjaga marwah DPRD sebagai lembaga yang profesional, akuntable dan bermartabat,” harapnya.

Agenda selanjutnya ialah pembahasan lanjutan oleh panitia-panitia khusus DPRD dari tanggal 24 Januari- 5 Februari 2017, dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh Panitia khusus pada tanggal 6 Januari 2017 dan pada tanggal 7 Februari dilaksanakan pengesahan peraturan DPRD. (tri)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Atasi Macet Saat Puncak HUT Muba, Dishub Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas

Sekayu, KoranSN Pemkab Muba melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muba menyiapkan kantong parkir bagi tamu ...

error: Content is protected !!