Home / Gema Sriwijaya / Tingkatkan Partisipasi Pemilih dengan TPS Unik

Tingkatkan Partisipasi Pemilih dengan TPS Unik


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Tampak TPS unik di Desa Tebing Bulan. (foto-sumantri/koransn.com)

Sekayu, KoranSN

Pemerintah Kecamatan Sungai Keruh berkerjasama dengan Pemerintah Desa Tebing Bulang memiliki trik tersendiri untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu, Rabu 17 April besok. Salah satunya dengan membuat tempat pemungutan suara (TPS) yang unik, menarik dan bernuansa tematik.

Di Desa Tebing Bulan tepatnya di TPS 4, Pemerintah Desa membuat TPS unik, dimana nantinya para petugas KPPS akan mengenakan pakaian adat Muba.

Tak hanya itu, pemilih yang datang ke TPS ini akan dihibur dengan musik khas petikan gitar tunggal yang membawakan lagu daerah.

Baca Juga :   Sebelum Mudik Lebaran, Perhatikan Dulu Keamanan Rumah

“Ya TPS unik ini sengaja disiapkan tujuanya tak lain meningkatkan partisipasi pemilih.Nantinya para petugas di TPS ini akan mengenakan pakaian adat, selain itu masyarakat yang datang ke TPS ini juga akan di hibur gitar tunggal dengan tembang-tembang daerah,” ungkap Camat Sungai Keruh, M. Imron, Senin (15/4/2019).

Dikatakannya, untuk tampilnya sendiri, TPS unik seni budaya ini menggunakan tenda dihiasi warna biru kombinasi kuning dan sudah terpasang di lapangan yang di tumbuhi rumput hijau di Desa Tebing Bulang. Dibagian depan, di dekorasi dengan menggunakan bambu yang sudah di potong dan di belah.

Bambu-bambu yan di bentuk sebuah gerbang dan atap, sehingga TPS itu seolah menggambarkan sebuah rumah adat khas Kabupaten Muba. Tak ketinggalan di bagian depan di pasang bendera merah putih.

Baca Juga :   Aswari Rivai Siap Jelajahi GIXA 2017 Karo-Dairi

“Di Kecamatan Sungai Keruh terdapat cukup banyak TPS unik, salah satu nya TPS seni budaya di Desa Tebing Bulang. Selain Desa Tebing Bulang, beberapa desa lainnya juga menyiapkan TPS unik dan tematik. Adapula TPS Kartini di Desa Gajah Mati, Rantau Sialang dimana anggota KPPS nya perempuan, kemudian ada TPS Milenial di Desa Rantau Sialang dan Desa Keramat Jaya. Sementara di Desa Sungai Dua ada TPS Budaya Nusantara dimana petugas nya akan mengenakan pakaian adat Jawa,” pungkasnya. (tri)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru: Bupati PALI Harus Gas Poll Turunkan Kemiskinan

PALI, KoranSN Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Hj Febrita Lustia, Gubernur Sumsel H. Herman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.