Senin , Februari 18 2019
Home / Gema Sriwijaya / Tinta Reborn eKTP di Musi Rawas Menipis

Tinta Reborn eKTP di Musi Rawas Menipis

ilustrasi. (foto-net)

Musirawas KoranSN

Stok reborn atau tinta eKTP di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mura sejak beberapa hari terakhir mulai menipis. Bahkan saat ini untuk reborn tersebut masih dalam proses pengiriman.
“Sekarang masih ada, cuma agak stoknya menipis,” ujar Kepala Disdukcapil, Yon Mory melaui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Darwin Syarif, Kamis (31/1/2019).

Meski demikian pelayanan eKTP di kantor Disdukcapil Kabupaten Muara di Muara Beliti tetap berjalan dengan normal. Dan pihaknya melayani untuk cetak eKTP jika memang sifatnya mendesak, maka dilakukan pencetakan eKTP.

“Ya kalau yang memang sifatnya mendesak, ya kita cetak,” ujarnya.
Darwin mengaku, menipisnya stok reborn atau tinta eKTP di Disdukcapil Kabupaten Mura sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Baca Juga :   Kontingen Banyuasin Sementara Salip Muba Duduki Runner Up Klasemen Porprov XI

“Baru minggu ini. Sekarang dalam proses pengadaan,” timpalnya.

Sejauh ini pihak Disdukcapil terus berupaya untuk menyisir wajib eKTP yang belum melakukan perekaman. Di Kabupaten Mura masih terdapat 5.998 wajib eKTP yang belum melakukan perekaman. Dari 293.578 wajib eKTP, 287.580 wajib eKTP yang sudah melakukan perekaman.

“Artinya, kita persentase perekaman kita sudah posisi pada 97,96 persen. Sisanya yang belum, ini PR kita, kita terus sisir,” timpalnya.

Lanjutnya, dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Mura, empat kecamatan yang masih cukup banyak wajib eKTP belum melakukan perekaman, yakni; Muara Beliti ada 1.310 wajib eKTP belum perekaman, lalu Muara Lakitan 1.226, Selangit 1.460 dan BTS Ulu terdapat 1.490 wajib eKTP belum melakukan perekaman.

Baca Juga :   M. Ali: Selewengkan DD, Korupsi Namanya

Darwin menjelaskan, untuk wajib eKTP yang belum melakukan perekaman, jika warga tidak sempat ke kantor maka akan dilakukan layanan jemput bola. Bahkan pihaknya juga menambah hari kerja, yakni Sabtu kantor layanan di Disducapil buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

“Jadi kami juga buka hari Sabtu. Kalau jemput bolanya, terus kami lakukan, mobil juga keliling turun ke desa,” katanya.

Pihak Disdukcapil Kabupaten Mura juga mengakui, memang ada dibeberapa kecamatan yang alat perekaman eKTP sedang alami kerusakan.

“Yang tidak jalan, ada memang alatnya sudah rusak, karena umurnya. Makanya kami bantu dengan turun kelapangan,” ujarnya.(rif)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Polres Mura Siap Kawal Pengambilan Surat Suara

Musirawas, KoranSN Jajaran Polres Mura bersama dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten Mura dan Muratara melaksanakan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.