Tips Aman Berkendara di Jalur Banjir

Sebuah mobil berupaya menerobos banjir yang merendam jalan nasional Aceh-Medan, di kawasan Landeng, Aceh Utara, Aceh, Senin (7/12/2020). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Kendaraan yang memiliki kerusakan akibat menerobos jalur banjir, tidak akan dapat diterima klaim asuransi mereka seperti yang sudah tertuang pada penjelasan di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI).

Dalam hal ini terdapat pasal 3 ayat 4 yang mengatakan kalau asuransi tidak menjamin kerugian, kerusakan dan biaya atas kendaraan bermotor tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika: 4.4 Dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan.

Baca Juga :   Tips Memastikan Beli Ponsel IMEI Resmi

Untuk mengatasi ini semua, para pengendara diharuskan berhati-hati jika memang harus menerobos jalur banjir agar kendaraan tidak sampai rusak.

Berikut tips aman menerobos jalur banjir:

1.Lewati jalan tanpa genangan

Apabila melihat genangan, sebaiknya kendaraan mencari alternatif jalan lain. Apabila harus melewati jalan dengan ketinggian genangan di atas roda kendaraan, sebaiknya tunggu genangan surut.

Jangan memaksa kendaraan untuk melewati genangan air, risiko keselamatan anda menjadi taruhannya. Bagi pemilik mobil jangan memaksa mobil untuk melewati banjir, karena sangat berisiko apabila ada jalanan rusak, jalanan lebih rendah, atau ada selokan tidak terlihat yang dapat mengakibatkan mobil terperosok semakin dalam. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   GoMart Kenalkan Asisten Belanja Berkualitas #EmakJago

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Hyundai All-New Tucson 2022 Rakitan AS Dirilis

Jakarta, KoranSN Hyundai Motor Manufacturing Alabama (HMMA) meluncurkan SUV all-new Tucson 2022 awal pekan ini, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.