‘TisTas’ Salah Satu Program Andalan Ishak – Yudha

Cawagub Sumsel, Yudha Pratomo Mahyuddin ketika bersama warga Pulau Beringin, OKUS Rabu (21/3/2018). (foto-ist)

Muaradua, KoranSN

Pemerataan pendidikan menjadi perhatian serius Calon Wakil Gubernur Sumsel, Yudha Pratomo Mahyuddin. Pasangan Ishak Mekki ini berharap, pendidikan tidak hanya bisa dijangkau masyarakat luas secara gratis, tetapi juga harus berkualitas.

Keinginan ini disampaikan Yudha mengingat program pendidikan gratis yang diberikan pemerintah belum berbanding lurus dengan output yang dihasilkan. Karena itu Yudha memandang perlu untuk menyelaraskan program pemerataan pendidikan dengan kualitas peserta didik yang dihasilkan.

Atas kegelisahan tersebut doktor lulusan kampus ternama di Malaysia ini melansir program andalan yang ia sebut pendidikan gratis dan berkualitas atau disingkat ‘TisTas’.

“Jadi kita tidak hanya bicara bagaimana pendidikan menjadi terjangkau dengan sekolah gratis, tapi ada tuntutan lain yang jauh lebih besar yakni kualitas pendidikan,” terang Yudha saat berbagi pengalaman dan gagasan dengan masyarakat Pulauberingin, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS).

Baca Juga :   Penetapan Walikota Lubuklinggau Terpilih Tunggu Surat dari MK

“Kita ingin pendidikan gratis dan berkualitas, komitmen kita bantuan seragam sekolah dan alat tulis akan kita realisasikan apabila diamanahkan menjadi pemimpin di Sumsel, sebab program ini sudah dilakukan pak Ishak Mekki sewaktu menjabat sebagai Bupati OKI”.

Itu sebabnya dalam ‘TisTas’, lanjut Yudha, pihaknya terutama dalam domain pemerintah provinsi akan memastikan tercapainya target standarisasi pendidikan secara berkualitas pula. Mulai standarisasi kompetensi guru, manajemen pendidikan hingga sarana dan prasarana sekolah.

Kalaupun telah memiliki kompetensi dan akreditasi, kata Yudha, pihaknya perlu memastikan apakah output pendidikan kejuruan yang ada misalnya benar-benar memenuhi standar kualitas yang selaras dengan dinamika dunia kerja mutakhir.

Baca Juga :   Caleg Tak Komitmen Picu Politik Uang

Bagi Yudha, hal itu penting, sebab trend perubahan yang mengitari dunia pendidikan harus benar-benar dipahami dengan tepat agar tidak gagap dan tertinggal.

“Kita akan pastikan juga agar empat dimensi yang ingin dicapai oleh lembaga pendidikan bagi anak didiknya tercapai, yakni penguasaan pengetahuan, sikap, karakter dan keterampilan. Yang terakhir ini biasa disebut dengan soft skill,” kata Yudha optimis. (awj/rel)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Didukung 9 Parpol, Ratna-Suwarti Harapkan Mesin Partai Bergerak Hingga ke Pelosok

Musirawas, koranSN Dukungan partai politik (Parpol) ke pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas …