TMMD 101: Kodim 0402 OKI-OI Bangun Fisik & Mental Warga Pelosok

Di tengah rawa, prajurit TNI AD & warga tampak berdiskusi di sela sela membuka jalan. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Selain membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan fisik infrastruktur, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang dilakukan Kodim 0402 OKI-OI juga membangun mental warga di pelosok kabupaten.

Sangat tepat yang dilakukan para prajurit TNI AD di Bumi Bende Seguguk. Desa Sungai Ceper di Kecamatan Sungai Menang yang menjadi lokasi TMMD 101 merupakan salah satu wilayah pelosok di kabupaten terluas se-Sumatera. Tak dipungkiri, kehidupan sehari-hari sebagian warga di Sungai Ceper menggunakan hukum alam.

Faktor itulah, sasaran utama pada TMMD ini, Kodim setempat menitikberatkan kegiatannya di bidang nonfisik. Demikian ditegaskan Dandim 0402 OKI-OI Letkol Inf Seprianizar SSos didampingi Pasi Teritorial Kapten Arh Marsito dan Danramil 042-13 Sungai Menang Kapten Chb Jauhari, Rabu (28/3/2018).

“Bagi kami dan kita semua, masyarakat merupakan hal yang harus diutamakan. Sebab, rakyat adalah ibu kandung TNI,”pungkas Dandim sembari menjelaskan pembangunan nonfisik diharapkan mampu mendorong mental warga menjadi lebih dan berkualitas.

Baca Juga :   Musi Rawas Dinyatakan Zona Merah Corona

Adapun nonfisik yang dibangun pada TMMD ke-101 yakni memberikan wawasan kebangsaan, pengobatan gratis, khitanan massal, pengentasan buta huruf Alquran, penyuluhan hukum, penyuluhan Kamtibmas serta bahaya Narkoba.

“Selain itu juga melaksanakan perlombaan rakyat dan kegiatan-kegiatan dengan masyarakat yang melibatkan komponen dari Pemda, Polres, Kejari, BKKBN, Ponpes dan organisasi binaan Kodim 0402 OKI-OI,”sambung Dandim.

Tambah dia, untuk kegiatan fisik yang dilaksanakan yakni membangun jalan darat sepanjang 10 Km yang menghubungkan Dusun V dengan dusun VIII di Desa Sungai Ceper serta melanjutkan pembangunan masjid yang belum rampung selama 25 tahun terakhir ini.

Menjelang pembukaan TMMD ke-101 ini yang dilaksanakan 4 April, kendati kondisi medan berat karena konstur tanah yang berair karena rawa-rawa serta dihantam hujan setiap hari, para prajurit TNI AD yang tergabung dalam Satgas TMMD tidak patah semangat dalam membantu pemerintah mewujudkan program kegiatan fisik yakni membangun badan jalan darat.

Pembangunan badan jalan darat yang ditargetkan sepanjang 10 Km sejak Rabu (20/3/2018) lalu, kini sudah mencapai hampir 100 persen selesai. “Hampir setiap hari di sini hujan, tentu berpengaruh pada kinerja alat berat yang digunakan. Alat berat itu bekerja dibantu pohon kelapa sebagai tapakan. Jika tidak, maka alat berat akan tenggelam ke rawa,”tambah Danramil yang juga menjabat Komandan SSK.

Baca Juga :   Luaskan IGD, Butuh 6 Dokter Baru

Danramil juga mengapresiasi warga setempat yang turut berjibaku mengerjakan pembuatan jalan penghubung antara Desa Sungai Ceper Laut dengan Sungai Ceper Darat sepanjang 10 Km. Prajurit dan warga tidak mengenal hari libur, setiap hari mereka bekerja dengan semangat guna mengejar target waktu yang ditetapkan. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kopi Jadi Program Prioritas Pemkot Pagaralam

Pagaralam, KoranSN Kopi merupakan komoditi perkebunan andalan yang menjadi kekuatan ekonomi masyarakat Kota Pagaralam sejak …