Selasa , Desember 11 2018
Home / Kota Musi / TNI Adakan Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA se-Palembang

TNI Adakan Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA se-Palembang

Foto bersama para pemenang lomba cerdas cermat. (foto-humas kodam)

Palembang, KoranSN

GUNA memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodam II/Sriwijaya menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Sejarah tingkat SMA yang di ikuti oleh 27 peserta dari berbagai SMA se-Kota Palembang.

Perlombaan LCC yang mengangkat tema Profesionalisme TNI Untuk Rakyat tersebut berlangsung di Gedung Balai Prajurit di Jalan Sekanak Palembang, sejak tanggal 20 s/d 21 September 2018.

Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Irawan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Rionardo mengatakan bahwa, kegiatan LCC Sejarah ini selenggarakan untuk mengembangkan minat dan bakat pada pengetahuan, meningkatkan kompetisi dan sebagai wahana membentuk karakter pemuda yang tangguh.

Dia melihat sekarang ini anak-anak muda Indonesia yang rata-rata usia sekolah, cenderung terkontimasi budaya asing sehingga kurang tertarik dengan sejarah, padahal, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.

“Karena sejarah itu faktor penting dalam penentu kemajuan suatu bangsa, negara yang maju adalah negara yang memiliki sejarah dan dijaga oleh bangsanya,” katanya.

Baca Juga :   Perbaikan Jalan Nasional Terhambat Truk Batubara

Menurut Pangdam, Indonesia memiliki sejarah yang panjang, kerajaan yang menguasai nusantara dan dunia dan sangat ditakuti dan disegani.

“Ini yang harus di tanami oleh anak muda Indonesia sehingga mereka memiliki jiwa bangga akan bangsanya dan semangat perjuangan untuk mempertahankan negara ini, karena negara ini adalah negara besar,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Ulu Melayu (LBUM) Vebri Lintani sanggat mengapresiasi Kodam II/Swj yang telah mengadakan LCC Sejarah tersebut.

Dia mengatakan bahwa, LCC ini sanggat penting untuk generasi muda sekarang ini, karena akan memancing Pelajar untuk lebih giat belajar sejarah. “LCC seperti ini penting untuk memperbaiki para pelajar agar lebih giat mempelajari sejarah, baik Sejarah Nasional maupun Sejarah Lokal,” ujarnya.

Vebri juga menyoroti kecenderungan sekolah saat ini lebih mementingkan jurusan eksak dibandingan dengan sejarah. “Sejarah dan Budaya sangat penting dalam pembangunan karakter bangsa sama pentingnya dengan jurusan Eksak,” terangnya.

Baca Juga :   Marbot Masjid Terima Satu Unit Rumah Siap Huni

Disela berlangsungnya kegiatan lomba, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M.Tr (Han) meninjau kegiatan tersebut dan berkesempatan memberikan beberapa pertanyaan kepada masing-masing para peserta secara bergiliran.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari tersebut, keluar sebagai Juara Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA se-Kota Palembang, adalah Juara Pertama, SMA N 1 Palembang dengan jumlah nilai : 1350. Kemudian disusul Juara Kedua, SMA N 17 dengan Nilai 1000 dan Juara Ketiga, diraih oleh SMA N 2 dengan perolehan nilai 650.

Sedangkan, untuk Yel-yel terbaik diraih oleh SMK N 6 dengan total nilai 602. Selanjutnya ditempat Kedua, dari SMA N 2 dengan perolehan nilai 595 dan ditempat ketiga diraih oleh SMK N 2 dengan nilai 580.

Masing-masing Juara tersebut mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dari pihak penyelenggara dalam hal ini Kodam II/Swj. (den/dam)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Pertamina RU III Peduli Masyarakat

Palembang, KoranSN Dalam rangka memperingati HUT ke-61 Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju turut serta ...

error: Content is protected !!