Rabu , Desember 19 2018
Home / Gema Sriwijaya / TORA Perlu Disosialisasikan

TORA Perlu Disosialisasikan

Asisten Administrasi dan Umum Drs. H. Ibrahim Ilyas buka Sosialisasikan Tanah Objek Reformasi Agraria. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim,koranSN

Dalam pelaksanaan TORA ada hal yang perlu digaris bawah yaitu kelengkapan data dibantu oleh camat serta kepala desa setempat serta tim verifikasi yang meninjau langsung ke lapangan guna melihat objek secara real. Hal tersebut dikatakan Asisten Administrasi dan Umum (Asisten III), Drs. H. Ibrahim Ilyas saat membuka Sosialisasi Tanah Objek Reformasi Agraria (TORA) di Ruang Rapat Serasan Sekundang Pemerintah Kabupaten/Kota (Pemkab) Muara Enim, Kamis (22/2/2018).

Dikatakannya, pengelolaan hutan juga termasuk kedalam NAWACITA presiden RI Joko Widodo yang mana pengelolaan hutan terbagi menjadi 3, Hutan Tanaman Rakyat (HTR) adalah hutan tanaman pada hutan produksi yang dibangun oleh kelompok masyarakat untuk meningkatkan potensi dan kualitas hutan produksi dengan menerapkan silvikultur dalam rangka menjamin kelestarian sumber daya hutan.

Baca Juga :   Kembangkan Kerajinan Batik, PKK PALI Kirim Kader ke Jambi

Kemudian, hutan Desa (HTD) adalah hutan negara yang berada di dalam wilayah suatu desa, dimanfaatkan oleh desa, untuk kesejahteraan masyarakat desa tersebut, dan Hutan Masyarakat (HTM) adalah hutan yang dikelolah oleh masyarakat desa itu sendiri.

Permasalahan yang dihadapi oleh Kabupaten Muara Enim adalah belum terverifikasinya data yang masuk kedalam pengusulan Perpres. Selanjutnya, permasalahn perizinan juga menjadi salah satu masalah bagi pengelolaan hutan. Letak lokasi yang akan di verifikasi harus sesuai dengan TORA, dan peta lokasi akan dilakukan revisi seriap 6 bulan satu kali, proses inventaris akan menelan biaya yang cukup besar dan memakai uang negara. (yud)

Baca Juga :   PNS di Banyuasin Diperiksa KPK, Kasus OTT Bupati Yan Anton
CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Terompet Tahun Baru Masih Sepi Pembeli

Lubuklinggau, KoranSN Jelang tahun baru 2019, penjual terompet tahun baru biasanya ramai berjualan di setiap ...

error: Content is protected !!