Home / Foto / TPS 11 Lawang Kidul dan TPS 36 IT II Palembang Gelar Pemilu Lanjutan

TPS 11 Lawang Kidul dan TPS 36 IT II Palembang Gelar Pemilu Lanjutan

Warga saat menggunakan hak pilihnya pada pemilihan suara lanjutan 2019 di TPS 11 Lawang Kidul Palembang. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang menggelar pemungutan suara lanjutan di dua tempat pemungutan suara (TPS), yakni TPS 11 di Jalan Perintis Kemerdekaan lorong Sepakat, Lawang Kidul dan TPS 36 Kelurahan 2 Ilir Kecamatan IT II, Minggu (21/4/2019).

Pantauan SN, pemungutan suara ulang di dua TPS ini berjalan aman dan tertib. Warga masih antusias memberikan hak suaranya, begitu pun petugas KPPS, masih bersemangat melayani pemilik suara meski dilakukan tiga hari pasca pemilu yang ditetapkan negara, 17 April lalu.

Dua TPS ini juga mendapat perhatian ‘ekstra’ dari aparat kepolisian, terbukti dengan hadirnya Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah, yang memantau langsung jalannya pemilu lanjutan tersebut.

Ketua KPPS TPS 11, Mukmin mengatakan, warga yang mengikuti pemungutan suara lanjutan ini adalah mereka yang pada 17 April lalu, kehabisan surat suara untuk pemilihan presiden (pilpres).

Baca Juga :   Caleg Tak Komitmen Picu Politik Uang

“Kemarin itu (17 April) kendalanya tidak bisa dilanjutkan karena surat suara pilpres habis, jadi masyarakat yang tidak mendapat surat suara pilpres tidak mau memilih. Hari ini, semua surat suara lengkap kelima-limanya, jadi masyarakat yang tidak mendapat surat suara pilpres kemarin, memilih,” ungkapnya.

Ia mengatakan, daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 11 berjumlah 290 ditambah pemilih tambahan 12 orang jadi total 302 pemilih.

“Dari jumlah itu, yang sudah menggunakan hak suaranya pada tanggal 17 April kemarin, sebanyak 161 pemilih, sekarang sisanya tinggal 140-an, kalu memilih semua,” kata Mukmin.

Ia menuturkan, untuk penghitungan, dilakukan serentak dengan hasil pencoblosan pada 17 April kemarin. “Hari ini kita hitung semua, surat suara kemarin tanggal 17 April digabung dengan hari ini (lanjutan),” terangnya.

Baca Juga :   Ribuan Masyarakat Bukit Jaya Rela Kehujanan Hanya Ingin Bertemu Dodi dan Thia

Terpisah, Ketua KPU Kota Palembang Eftiyani membenarkan pihaknya menggelar pemungutan suara lanjutan di dua TPS di Kecamatan IT II.

“Untuk pemungutan suara lanjutan di Kota Palembang hanya dua TPS di Kelurahan 2 Ilir dan Lawang Kidul,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengatakan, selain pemungutan suara lanjutan di dua TPS di IT II, KPU juga akan menggelar pemilu susulan di 445 TPS 4 Kecamatan di Kabupaten Banyuasin, yang dijadwalkan digelar pada 27 April 2019 mendatang.

Pemilu susulan ini digelar karena adanya kesalahan cetak nama-nama Caleg untuk daerah pemilihan (Dapil) DPRD Banyuasin II, meliputi Kecamatan Pulau Rimau, Tungkal Ilir, Betung dan Suak Tapeh.

“Untuk Banyuasin Dapil II ini sudah pasti akan dilakukan Pemilu susulan. Jadi 445 TPS akan diulang semua pencoblosannya, tapi hanya surat suara DPRD Kabupaten. Kita akan berkoordinasi dengan KPU Pusat untuk pencetakan ulang surat suaranya, yang berjumlah kurang lebih 104.000 plus cadangan 2%,” ungkap Kelly. (awj)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Honda Motor Sumsel Launching Skutik Genio dan ADV 150 Bersama Virgoun (FOTO)

Malam ini Virgoun hibur warga Kota Palembang. Artis pemilik lagu Surat Cinta untuk Starla ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.