Turki Sebut Kesepakatan Rudal Rusia yang Baru Akan Segera Terjadi

Peluru kendali S-300 (SA-10 Grumble) yang dikabarkan akan dibeli Suriah dari Rusia. Peluru kendali anti pesawat terbang dan pembunuh peluru kendali ini lebih perbawa ketimbang MIM-104 Patriot dari Raytheon, Amerika Serikat. (foto-antaranews)

Moskow, KoranSN

Administrasi kepresidenan Turki mengatakan bahwa tanggal pembelian untuk sistem rudal S-400 buatan Rusia tambahan hanyalah teknis saja dan menurut dia sebuah kesepakatan akan segera dicapai, menurut laporan Kantor Berita RIA, Senin (2/12/2019).

Moskow berharap dapat meneken kesepakatan sistem rudal S-400 lebih banyak ke Turki pada semester pertama tahun depan, kata kepala agen perantara negara Rusia untuk ekspor senjata Rosoboronexport pada November.

Baca Juga :   Korut Tembakkan Rudal Jelajah Jarak Dekat ke Laut

Langkah seperti itu dapat memperburuk hubungan antara Turki dan Amerika Serikat, yang mengeluarkan Ankara dari program pesawat tempur siluman F-35, dimana Turki merupakan produsen sekaligus konsumennya.

Hal itu dilakukan AS untuk menghukum Turki yang telah membeli senjata berat S-400 awal tahun ini.

“Tanggal pembelian S-400 kedua hanyalah masalah teknis. Saya rasa itu akan segera terjadi,” kata RIA, mengutip pejabat keamanan dan urusan luar negeri dalam administrasi kepresidenan Turki.

Direktur Rosoboronexport, Alexander Mikheev mengatakan, kepada Kantor Berita RIA pada 26 November bahwa Moskow dan Ankara secara intensif membahas Ankara yang sedang membicarakan sebuah opsi dalam kontrak awal untuk menerima lebih banyak sistem S-400, dengan pembicaraan berfokus pada masalah finansial. (Antara/Reuters/ded)

Baca Juga :   Yunani Usir Dubes Libya Setelah Perjanjian Perbatasan Turki-Libya
Iklan Polres Lahat

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Indonesia Siap Ikut Produksi Vaksin COVID-19 Bersama ASEAN-China

Jakarta, KoranSN Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu RI, Jose Tavares menyatakan bahwa Indonesia siap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.