Home / Gema Sriwijaya / UKW Muara Enim, 11 Lulus dan 9 Peserta Gagal

UKW Muara Enim, 11 Lulus dan 9 Peserta Gagal

Pelaksanaan UKW Tingkat Utama. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Dari 20 peserta Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Muara Enim bekerjasama dengan Pemkab Muara Enim, 11 peserta dinyatakan lulus, sedangkan 9 orang lainnya gagal.

Pelaksanaan UKW yang berlangsung selama dua hari, 5-6 Desember 2017, di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, terbagi dua tingkatan. Tingkatan UKW Utama dengan peserta 7 orang sedangkan, tingkat UKW muda sebanyak 13 orang. Sebelumnya, total peserta ada 21 orang, namun 1 peserta dari tingkat muda berhalangan hadir.

Pada hari kedua, Rabu (6/12/2017) penutupan, hasil tes UKW disampaikan oleh penguji Syaibansah Dardani, bahwa peserta UKW dari 20 peserta yang lulus sebanyak 11 orang sedangkan 9 orang lagi dinyatakan gagal belum kompeten.

Ketua PWI Sumatera Selatan, Oktaf Riady mengatakan, ujian kompetensi wartawan ini merupakan standar apakah wartawan itu kompeten atau tidak. Menurutnya, kalau wartawan itu sudah lulus UKW, bisa dinilai wartawan tersebut bisa dikatakan kompeten dan profesional.

“Kegagalan mengikuti UKW, bisa dijadikan sebagai pengalaman untuk berbenah diri untuk belajar kembali menjadi lebih baik lagi, Kalau gagal tahun ini, tahun depan mengulang kembali tes UKW,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Muara Enim, H Reinaldo SSTP Msi yang menutup UKW menyampaikan, terima kasihnya kepada para penguji baik dari Dewan Pers maupun dari PWI Sumsel, sehingga acara berlangsung sukses.

Dikatakan, ujian kompetensi wartawan ini sangat penting, mengingat bahwa media yang bekerjasama dengan Pemkab Muara Enim wartawannya harus sudah lulus UKW.

Dijelaskannya, kalau wartawan sudah lulus UKW, artinya wartawan tersebut sudah kompeten.

“Saya ucapakan selamat bagi teman-teman yang lulus UKW, dan bagi yang belum jangan putus asa, masih bisa mengikuti UKW tahun depan,” kata Reinaldo SSTP Msi.

Sementara itu, Mara Sakti Siregar seorang penguji yang mewakili Dewan Pers menyampaikan, pelaksanaan UKW di Sumsel sudah yang ke 17 kalinya, sedangkan Muara Enim sudah kedua kalinya. Jadi secara nasional, ini merupakan kelulusan yang ke 285. Sedangkan, jumlah lulus UKW secara nasional 8257 wartawan yang kompeten.

Perlu diketahui, pelaksanaan UKW Muara Enim yang kedua ini, dengan tiga orang penguji UKW, penguji dari Dewan Pers, Mara Sakti Siregar untuk penguji UKW Tingkat Utama dibantu penguji pemagang dari PWI Sumsel, Afdal Azmi Djambak, Penguji dari Batam Syaibansah Dardani untuk penguji UKW Tinggkat Muda. Sedangkan penguji dari PWI Sumsel yakni, H Oktaf Riady untuk penguji UKW Tingkat Muda dibantu penguji pemagang dari Sumsel yakni, Firdaus Komar. (yud)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Delapan Warga Pelaku Kriminalitas Desa Karang Anyar Bertobat

Muratara, KoranSN Delapan warga asal Desa Karang Anyar, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, yang menjadi target ...

error: Content is protected !!