Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020

Umat Hindu Sembahyang di Candi Bumi Ayu

Umat Hindu saat bersembahyang di Candi Bumi Ayu. (foto-anasrul/koransn)

PALI, KoranSN

Umat hindu yang tergabung dalam Pasemetonan Dharma Tirta Kecamatan Mesuji Makmur Desa Cahaya Mas Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) belum lama ini menggelar persembahyangan di kawasan percandian Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Hal ini tentu menjadi momen baik bagi warga sekitar kawasan percandian, lantaran dengan seringnya umat Hindu melalukan kegiatan peribadatan di kawasan percandian, membawa rezeki tersendiri bagi warga setempat.

“Kegiatan persembahyangan itu sepertinya bakal dilakukan rutin, dan memang belum lama ini tepatnya pada Kamis tanggal 5 september, kemarin ada rombongan umat hindu dari Kabupaten OKI berkunjung ke Candi Bumi Ayu sekaligus melakukan persembahyangan,” terang Yunimawati, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten PALI melalui Kabid Kebudayaan Filomina Emawati, Kamis (12/9/2019).

Baca Juga :   Belum Ada Pasangan Balon yang Akan Diusung Gerindra

Pada saat kegiatan rutin persembahyangan umat Hindu, diakui Kabid kebudayaan bukan hanya sebatas di kawasan percandian, namun juga mereka (peserta persembahyangan) mencari sumber mata air yang dipercaya sebagai mata air suci yang ada disekitar kawasan percandian.

“Ada sumber mata air di Desa Cinta Manis yang mereka pilih untuk mengambil air sekaligus melakukan persembahyangan di lokasi mata air. Ini tentu menguntungkan masyarakat sekitar, karena selama ini mata air itu sepi menjadi ramai dikunjungi wisatawan,” tambah Ema.

Baca Juga :   7 Peserta Calon PPS Rupit Gugur

Untuk menambah kesan bagi wisatawan, Ema mengajak warga sekitar kawasan percandian agar menjaga serta merawat situs-situs yang ada saat ini.

“Tentu kita harus ramah dan saling menjaga toleransi apabila ada rombongan umat agama Hindu yang melakukan wisata religinya. Sebab dengan adanya itu, kawasan dan daerah kita bisa dikenal luas. Serta apabila pengunjung berkesan, mereka akan mengulang kembali untuk datang ke Candi Bumi Ayu,” tutupnya. (ans)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Plt Bupati Muara Enim Tinjau Peserta Tes CPNS

Muara Enim, KoranSN Plt Bupati Muara Enim, H Juarsah SH menyampaikan pesan kepada para peserta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.