Upacara HUT RI Terapkan Protokol Kesehatan

Dalam rangkaian HUT RI ke-75 tampak digelar gladi resik upacara di Istana Negara. Untuk di Sumsel, Gubernur H Herman Deru mengukuhkan Paskibraka. (foto-humas pemprov)

Palembang, KoranSN

Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Rabu (13/8/2020) mengikuti pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual, yang kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan Paskibaraka tingkat provinsi.

Kegiatan ini dilakukan di Auditorium Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, dan acara berlangsung khidmat.

Pada kesempatan itu, Gubernur Herman Deru mengukuhkan delapan anggota Paskibraka yang akan bertugas saat HUT ke-75 RI di Griya Agung pada 17 Agustus mendatang. Pengukuhan Paskibraka 2020 dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Ditemui usai pengukuhan, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel tetap akan menyelenggarakan upacara peringatan hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia (HUT RI) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang aman dari Covid-19.

Baca Juga :   Masyito Lemas dan Terus Menangis

“Terkait upacara pengibaran dan penurunan bendera dalam situasi pandemi Covid-19 ini, kita akan menggelarnya dengan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden RI memimpin upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Prosesi upacara diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Kemudian, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asrorun Niam, membacakan pengantar pengukuhan calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Usai pengantar, Presiden selaku Pembina Upacara mengukuhkan Pasukan Paskibraka tersebut.

Pernyataan pengukuhan berbunyi, “Dengan memohon Rida Allah Yang Mahakuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2020. Selanjutnya, kepada para gubernur di 34 provinsi saya persilakan mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang bertugas di provinsi masing-masing,” ujar Presiden.

Baca Juga :   All New Honda Scoopy Gebrak Pasar Motor Matik

Usai pengukuhan, pembina upacara menerima laporan dari pemimpin upacara bahwa upacara telah selesai dilanjutkan dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

Di akhir upacara pengukuhan, Presiden bersama Menko PMK dan Sekretaris Kabinet yang mendampingi memberikan ucapan selamat kepada para Paskibraka. (awj)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Sumsel Berpotensi Hujan Es

Palembang, KoranSN Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) SMB II Palembang memprediksi empat wilayah di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.