Wagub Mawardi Optimistis Jalan Baru Lubuk Keliat Rampung Akhir Desember

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya saat meninjau perbaikan jalan.(foto-humas pemprov sumsel)

Ogan Ilir, KoranSN

Di tengah jam kerjanya, Senin (2/12/2019) siang, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mendadak melakukan peninjauan progres pembangunan infrastruktur jalan di Desa Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Di desa ini, Wagub meninjau perbaikan jalan sepanjang 770 meter yang longsor akibat diterjang air Sungai Ogan, pada pertengahan Mei 2019 lalu.

Wagub Mawardi Yahya melalui Kabid Jalan PU Bina Marga Muchtar MA mengatakan, saat ini Pemprov melalui PUBM sedang melakukan pembangunan di tiga titik mulai dari Jalan Ruas Tanjung Raja hingga Simpang Tambang Rambang OI menggunakan APBD-P 2019.

Menurutnya, pembangunan relokasi jalan baru tersebut berada sekitar 60 meter dari jalan longsor yang tergerus air sungai. Pembangunan ini sudah berjalan dan ditargetkan selesai sebelum akhir Desember mendatang.

“Iya sambil menunggu jalan baru ini selesai Pak Wagub minta jalan lama ini tetap dibenahi karena masih digunakan warga. Tadi ada yang mulai amblas lagi itu yang jadi perhatian Wagub. Takutnya kena hujan lagi amblasnya tambah parah,” papar Muchtar.

Baca Juga :   Kapolres Lubuklinggau Ajak Pelajar Tertib Hukum

Sebelumnya Wagub Mawardi Yahya juga meninjau langsung saat jalan tersebut putus akibat longsor diterjang air Sungai Ogan di Desa Lubuk Keliat, Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir (OI), Selasa, 14 Mei lalu. Saat itu Wakil Gubernur Sumsel H.Mawardi Yahya langsung meluncur ke lokasi. Meski mendapati kerusakan cukup parah, Mawardi memastikan akses jalan utama masyarakat ini secepatnya dapat dilintasi pengendara.

“Paling lama seminggu jalan ini harus sudah bisa dilewati mobil dan kendaraan lainnya. Bukan hanya itu seluruh lobang-lobang dalam yang ada di sepanjang jalan ini juga saya minta diatasi. Makanya Dinas PU, kontraktor dan PPTK hari ini kita bawa semua meninjau langsung ke lokasi,” tegas mantan Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI)

Baca Juga :   Bupati Muba Raih Rekor MURI

Dijelaskan Mawardi perbaikan termasuk relokasi jalan ini sebenarnya sudah masuk dalam anggaran tahun 2019. Waktu itu sekitar 3 bulan lalu Ia bahkan sudah pernah meninjau ke lokasi namun kerusakan jalan yang terjadi tidak terlalu parah. Karena itu Ia menghimbau dinas teknis dan PPTK segera menyesuaikan lagi perencanaan yang telah dibuat.

Untuk antisipasi darurat Mawardi meminta Dinas PU Bina Marga segera melakukan relokasi perluasan ke sisi jalan 5-6 meter. Dengan ditimbun tanah dan crocos sepanjang 100 meter, jalan darurat ini diharapkannya dapat selesai dan bisa dilewati. (man)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkab Mura Validasi Data Penerima Bansos

Musirawas, KoranSN Pemerintah Kabupaten Musirawas (Mura) melakukan validasi data bagi masyarakat yang berhak menerima bantuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.