Wako Minta KTNA Pagaralam Tingkatkan Derajat Petani

Hj Ida Fitriati.
Hj Ida Fitriati.

Pagaralam, KoranSN

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) adalah organisasi profesi bersifat independen, berorientasi pada kegiatan ekonomi, sosial dan budaya di sektor agrobisnis, khususnya para petani. Diharapkan KTNA ini dapat meningkatkan derajat petani.

KTNA ikut bertanggungjawab dalam upaya untuk mengentaskan keterbelakangan kemiskinan bagi kaum tani serta penduduk pedesaan dengan menciptakan kegiatan-kegiatan kongkret yang dilaksanakan secara terencana, bertahap dan berkesinambungan.

Demikian diungkapkan Walikota Pagaralam, Ida Fitriati saat melepas kontingen Pagaralam yang akan mengikuti Pekan Daerah KTNA tingkat Provinsi, yang dilangsungkan di Kota Lubuk Linggau.

Wako melepas para kontingen Pekan Daerah KTNA di halaman kantor Walikota Pagaralam, yang dihadiri oleh sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam, Senin (17/10/2016).

Ida mengharapkan kepada para kontingen dapat menambah pengetahuan serta untuk mengubah pola pikir para petani, yang pada umumnya masih menggunakan cara konvensional.

“Saya meminta kepada para peserta untuk saling tukar pendapat kepada peserta yang ada di sana nanti. Dan juga mohon diikuti dengan teliti, agar dapat menambah wawasan untuk kemudian diterapkan demi kemajuan para petani yang ada di Kota Pagaralam,” jelasnya.

Baca Juga :   Polsek Dempo Selatan Bubarkan Pungli Jalan Rusak

Wako menjelaskan, bahwa mengikuti Pekan Daerah KTNA ini sangat penting bagi petani yang ada di Kota Pagaralam sendiri, sebab di Pagaralam terdapat semua jenis sayuran dan perkebunan. Untuk itulah pemerintah mau memfasilitasi para petani untuk mengikuti kegiatan ini.

“Terlebih lagi saat ini kita sedang giat-giatnya mempromosikan kopi asli Kota Pagaralam. Dan saya berharap kepada para peserta yang diberangkatkan, jadilah petani yang cerdas. Karena para peserta ini membawa nama Kota Pagaralam. Jadi apabila berhasil maka akan meningkatkan kesejahteraan bagi para petani,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BP5K Kota Pagaralam, Ir Prima Dina Surya sebagai ketua pelaksana didampingi ketua KTNA Kota Pagaralam Wawan Saibi mengatakan, bahwa PEDA XII KTNA tingkat Provinsi merupakan suatu forum silaturrahmu antar petani dan nelayan se-Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga :   Gudang KPUD PALI Dibongkar, Kotak Suara dan Bilik Suara Akan Dilelang

“Sasarannya adalah memberikan kesempatan bagi para petani dan nelayan dalam meningkatkan kemampuan di bidang pertanian, serta mengaktualisasikan diri dalam kemandirian kontak tani nelayan sebagai pelaku pembangunan pertanian,” ujarnya.

Ditambahkan Prima, pelaksanaan PEDA XII KTNA tingkat Provinsi akan dilaksanakan dari tanggal 17 – 22 Oktober 2016. Dan untuk kontingen Kota Pagaralam sendiri memberangkatkan 104 peserta gabungan.

“Peserta yang kita berangkatkan terdiri dari peninjau, pendamping dan peserta utama yang ada di Kota Kota Pagaralam,” pungkasnya. (asn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Herman Deru Disambut Ribuan Muslimat NU

OKUT, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru menghadiri pengajian akbar Muslimat NU di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.