Walikota Lubuklinggau Pastikan THR ASN Dicairkan, Asal Ada Transfer Dana Dari Pusat

Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe.(foto-rifat/koransn)

Lubuklinggau, KoranSN

Walikota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dicairkan, asal ada transfer dana masuk atau transfer dari pusat.

“THR bagi ASN akan kita cairkan asal ada dana masuk. Kalau besok, Jumat (22/5/2020) ada transfer akan segera kita bagikan,“ ujar Nanan, sapaan H. SN Prana Putra Sohe saat dibincangi koranSN di Posko Induk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Lubuklingau, Kamis (21/5/2020).

Ia pun menegaskan, jika pun terpaksa ada penundaan sah-sah saja, karena semua pegawai harus menuruti aturan dari Pemkab dan Pemkotnya masing-masing.

“Masak pegawai tidak menuruti kebijakan pemerintah atau Pemkotnya masing-masing, kan sudah ada PMK-nya yang mengatur masalah itu,” ujarnya.

Baca Juga :   Buat Video Mesum, ''MY' Warga Empat Lawang Diamankan Polisi

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan (BKD) Kota Lubuklinggau kepada wartawan sebelumnya menyampaikan, penundaan pembayaran THR ASN tahun ini karena keterbatasan anggaran.

“Keterlambatan ini karena adanya penundaan dana Dana Alokasi Umum (DAU) karena adanya relokasi anggaran sesuai PMK no 35 tahun 2020,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya PMK itu Pemerintah Daerah (Pemda) terpaksa harus melakukan relokasi ulang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) per Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Masing-masing anggaran per OPD itu hampir 20 persen dilakukan pemotongan, itulah untuk pembayaran THR itu sisa dari dana DAU dikurangi gaji rutin pegawai perbulan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, ASN yang akan mendapat THR mulai golongan I,II, III, termasuk eslon III, meliputi tunjangan anak, tunjangan jabatan bagi yang punya jabatan, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 18,2 miliar.

Baca Juga :   Herman Deru Optimis Sumsel Kembali Jadi Lumbung Pangan Nasional

“Jumlah ASN kita ada 4.000, kalau tidak ada kendala saya prioritaskan THR itu akan kita cairkan bulan Juni. Karena sisa dana DAU saat ini kita alihkan untuk menutupi anggaran dari penangan Covid-19 meliputi pengadaan APD, Sembako, dan operasional posko,” pungkasnya. (rif)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkab OKUT MoU dengan Basarnas

Palembang, KoranSN Pemerintah Kabupaten OKU Timur melakukan MoU atau penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Basarnas. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.