Home / Gema Sriwijaya / Warga Desa Sidomulyo Belajar Pengolahan Sampah

Warga Desa Sidomulyo Belajar Pengolahan Sampah


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Desa Sidomulyo Belajar Pengolahan Sampah di BSB Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Keberhasilan Bank Sampah Barokah (BSB) Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul menjadi perhatian desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang. Seluruh jajaran perangkat, karang taruna, PKK, dan PPL desa Sidomulyo kunjungi Bank Sampah Barokah untuk melakukan studi banding pengelolaan sampah organik dan non organik.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Surono selaku kepala desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang dan PPL Miswati. Rombongan itu, diterima oleh Indar Yadin Oktomi selaku ketua kelompok Bank Sampah Barokah dan sekretaris Risman Jaya Lubis SH.

Dalam kesempatan studi banding ini, Surono selaku pemimpin pemerintahan desa Sidomulyo berharap, studi banding ini bisa mengubah lingkungan desa menjadi bersih, dan membuat masyarakat lebih sejahtera. Pihaknya juga akan mencontoh pola kerja dari Bank Sampah Barokah, salah satunya membuat Bank Sampah sendiri di desanya.

Baca Juga :   RSUD OKU Timur Tingkatkan Pelayanan untuk Meraih Akreditasi Paripurna

“Selain bisa mengatasi masalah sampah yang ada di lingkungan kami. Melalui pelatihan ini juga sebagai upaya kami melestarikan lingkungan. Kemudian juga dapat memberdayakan masyarakat dengan mengolah sampah yang sebelumnya tidak berguna menjadi sampah membawa berkah,”ujar Surono, Minggu (13/1/2019).

Selaku Ketua Forum Komunikasi Kades Kabupaten Muara Enim, Surono mengapresiasi keberhasilan Bank Sampah Barokah dalam meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mengatasi masalah sampah. Bahkan, masyarakat banyak bergabung menjadi nasabah Bank Sampah Barokah.

“Saya juga mengajak rekan-rekan kades di Kabupaten Muara Enim untuk peduli terhadap pengelolaan sampah sesuai dengan kondisinya masing-masing,”pintanya.

Lanjutnya lagi, mengenai sampah ini juga perlu menjadi perhatian pemerintah kabupaten Muara Enim, perusahaan, dan masyarakat. Khusus untuk desa Sidomulyo, “Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan semua pihak yang membuat desa kami lebih maju dan dikenal,”terang dia.

Baca Juga :   Tebing Tinggi Empat Lawang Sering Mati Lampu Jelang Magrib

Sementara itu, pimpinan Bank Sampah Barokah, Indar Yadin Oktomi menyambut baik studi banding, dan siap untuk membantu pemerintah desa Sidomulyo dalam mengatasi masalah sampah. Dalam kegiatan itu, BSB memberikan materi mengolah sampag organik menjadi pupuk, dan mengolah sampah plastik salah satunya menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Kami senang bisa berbagi ilmu, dan kami siap membantu desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang dalam mengolah sampah menjadi barang bermanfaat, diantaranya pupuk organik, dan BBM,”katanya. (yud)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati Banyuasin H Askolani Terima Sabuk Hitam Taekwondo Indonesia

Banyuasin, KoranSN Bupati Banyuasin H Askolani menerima sabuk hitam Taekwondo Indonesia. Penghargaan ini diberikan Pengurus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.