Home / Gema Sriwijaya / Banyuasin / Warga Desak Lakukan Pengerukan Saluran Primer dan Sekunder

Warga Desak Lakukan Pengerukan Saluran Primer dan Sekunder

Banyuasin, KoranSN

Kepala Desa Nunggalsari Primer I Kecamatan Pulau Rimau, Sadimun mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin agar membantu pengerukan saluran primer dan sekunder yang sudah terjadi pendangkalan.

Dikatakan Sadimun, jika surat permohonannya ke Pemkab dan DPRD Banyuasin ini tidak direalisasikan khawatir pada musim hujan akhir tahun ini, desanya bisa terendam, sebab saluran primer dan sekunder sudah mengalami pendangkalan total, ditambah air pasang, tentu akan terjadi banjir yang luar biasa.

“Andaikata Pemkab maupun DPRD Banyuasin melalui proposal itu tidak segera ditindak-lanjuti, jika datang musim hujan desa kami bakal tenggelam jadi lautan kembali, maka melalui proposal itu supaya segera dianggarkan dan dilaksanakan untuk pengerukan saluran primer dan sekunder,” harapnya, Rabu (11/10/2017).

Baca Juga :   Diduga Korosi, Pipa Migas Pertamina Bocor Cemari Lingkungan Warga

Sadimun mengaku, di desa eks transmigrasi tersebut, saluran primer dan sekundernya belum pernah dilakukan pengerukan, sekalipun ada pengerukan hanya di saluran sekunder pun tidak tuntas dan kini kembali dangkal.

“Pernah beberapa tahun lalu di desa kami terjadi banjir pada musim hujan ditambah air laut pasang,” ungkapnya.
Keuntungan dari pengerukan itu menurut Sadimun, sedikitnya ada tiga desa dapat diselamatkan dari ancaman banjir, yakni desa Nunggalsari, Pemogo’an dan Desa Rawabanda.

“Untuk tiga desa ini posisinya saling berbatasan dengan saluran primer, sedangkan kini kondisinya sudah mengalami pendangkalan berat termasuk pada saluran sekunder jika keseluruhannya ada sekitar 36 Km panjangnya,” ujarnya.

Baca Juga :   Wako: Pagaralam Harus Setara dengan Kota Lainnya di Indonesia

“Untuk itu kami mendesak kepada Bupati dan DPRD kabupaten Banyuasin tujuanya untuk mencegah terjadinya banjir di tiga desa termasuk di desa kami sendiri yang pernah terendam banjir hampir 4 pekan,” pungkasnya. (sir)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

401 Calon Kades Gelar Deklarasi Damai

Muara Enim, KoranSN Sebanyak 401 calon kades menyatakan deklarasi damai dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak …