Warga Kelahiran 17 April 2001 dan 2002 Rekam e-KTP untuk Pemilu

Tampak sejumlah warga saat membuat e-KTP di Disdukcapil Kabupaten Ogan Ilir. (foto-herman/koransn.com)

Indralaya, KoranSN

Guna mendukung pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) 2018, pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Ilir melaksanakan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dibawah umur 17 tahun, bagi kelahiran 17 April 2001 dan 2002. Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan hampir 1 bulan terakhir.

Kadis Dukcapil Ogan Ilir, Akhmad Lutfi menerangkan, merujuk pada petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri, bagi warga yang kelahiran 17 April 2001 dan 2002 dapat melakukan perekaman KTP Elektronik, akan tetapi pencetakannya tepat usia 17 tahun.

Baca Juga :   KSI Ajak Srikandi Sumsel Tangkal Hoax

“Ini merupakan petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri, dan ini juga berdasar Data pemilih Sementara (DPS) KPU Ogan Ilir serta mendukung Pilgub 2018, Pileg dan Pilpres 2019, sekarang sudah kita laksanakan perekaman bagi masyarakat Ogan Ilir di kecamatan masing-masing,” kata Lutfi, Selasa (27/3/2018).

Ia mengatakan, ketentuan tersebut bukan berdasarkan kebijakan pemerintah daerah, melainkan pemerintah pusat yang menginstruksikan untuk melakukan perekaman dan ketentuan dari pusat wajib diikuti.

“Bagi masyarakat kelahiran tersebut yang masuk pencoklitan KPU sudah kita undang untuk melakukan perekaman, supaya segera mendatangi kantor Camat terdekat untuk melakukan perekaman dengan membawa photo copy kartu keluarga,” ujarnya.

Baca Juga :   Proses Pidana Dugaan Money Politic di Lahat Tunggu Kajian Gakkumdu

“Perekaman sebelum usia 17 tahun akan kita berikan bukti rekam, bukan KTP sementara atau surat keterangan, yang nantinya akan ditukar sewaktu warga tersebut berusia tepat 17 tahun,” ujarnya. (man)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Didukung 9 Parpol, Ratna-Suwarti Harapkan Mesin Partai Bergerak Hingga ke Pelosok

Musirawas, koranSN Dukungan partai politik (Parpol) ke pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas …