Selasa , September 25 2018
Home / Gema Sriwijaya / Warga Khawatirkan Tergerusnya Tepian Sungai Lematang Lahat

Warga Khawatirkan Tergerusnya Tepian Sungai Lematang Lahat

Tampak Sungai Lematang Tergerus dan satu pohon tumbang. (foto-ist)

Lahat, KoranSN

Tingginya intensitas curah hujan yang melanda Kota Lahat beberapa hari ini mengakibatkan debit air di Sungai Lematang meningkat, sehingga membuat tepian di seberang sungai tepatnya di Desa Banjar Negara Kecamatan Lahat tergerus arus sungai.

Kejadian ini membuat warga menjadi khawatirkan, apalagi di seberang sungai, tepat di tepian sungai yang tergerus terdapat satu pohon yang tumbang.

Salah satu warga yang berdomisili di dekat tepian sungai menuturkan, jika hal ini sudah sering disampaikan kepada pemerintah desa, agar dibangunkan dinding penahan pada bibir sungai.

Baca Juga :   Material Nyangkut Ancam Sturuktur Jembatan

“Dikhawatirkan patahan pada bibir sungai akan tambah melebar dan tentunya akan bahaya bagi penduduk,” jelas pria paruh baya ini, Selasa (13/2/2018).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Banjar Negara, Suldan Helmi menyampaikan, pihaknya telah lama mengusulkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat, bahkan sampai dibawa ke pusat.

“Memang di tepian, berseberangan dengan Plaza Tepian Lematang, sudah lama harus didirikan dinding penahan, sehingga tidak semakin terbis dan mengancam rumah warga,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, Marjono SE MM mengatakan, pihaknya sudah mengajurkan anggaran pembangunan dinding penahan tepian kiri Sungai Lematang ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Juga :   Gedung YPI Roudhatul Jannah Betung Mulai Dibangun

“Saat ini sedang digodok, sedangkan besaran dana dan kapan masih menunggu kucuran dari pusat,” pungkasnya. (rob)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Polres Prabumulih Ajak Sukseskan Pemilu 2019 dan Jauhi Narkoba

Prabumulih KoranSN Ajakan dan himbauan menyukseskan Pemilihan Umum Pemilihan Presiden (Pilpres) pada April 2019 kini ...

error: Content is protected !!