Jumat , Desember 14 2018
Home / Kota Musi / Warga Resah Tiang Listrik Miring dan Pohon Besar Nyaris Tumbang

Warga Resah Tiang Listrik Miring dan Pohon Besar Nyaris Tumbang

Sebuah pohon besar nyaris tumbang dan tiang listrik yang miring di Jalan Sekanak Kecamatan Bukit Kecil Palembang. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Sejumlah warga di Jalan Sekanak tepatnya di kawasan RT 03 Kelurahan 22 Ilir Kecamatan Bukit Kecil Palembang, meresahkan karena adanya tiang listrik di wilayah mereka yang dari hari ke hari kian miring dan pohon besar yang nyaris tumbang, sementara diatas pohon itu banyak terdapat kabel listrik.

Hal inilah yang ditakutkan oleh sejumlah masyarakat karena sewaktu-waktu, hal tak diinginkan bisa terjadi, karena kemiringan tiang listrik dan pohon besar tersebut dinilai sudah dalam kondisi membahayakan.

Ketua RT 03 Kelurahan 22 Ilir Kecamatan Bukit Kecil Palembang, Evi (47) yang ditemui, Minggu (24/9/2017) mengatakan, dari pertama tiang listrik ini didirikan semula tidak seperti ini. Namun, semakin hari tambah miring, pihaknya merasa khawatir kejadian tak diinginkan terjadi. Dikarenakan posisi tiang listrik yang tepat besebelahan dengan sungai (DAM). Jadi, tekanan tanah dibawahnya bisa saja amblas.

Bukan hanya itu, lanjut Evi, selain khawatir akan kemiringan tiang listrik, warga setempat juga cemas karena ada posisi pohon besar yang hampir roboh dan diatasnya diantara beberapa kabel listrik. Meski, demikian posisi pohon tersebut tepat berada didepan asrama personil TNI dan juga pas disebelah kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Namun, pihak Pemkot mungkin masih menganggap belum terlalu parah. Jadi, terkesan sudah lama didiamkan.

Baca Juga :   Pelayanan Publik di Palembang Raih Penghargaan Kemenpan RB RI

“Kita takutkan tanah dibawah tiang listrik itu makin lama akan amblas, karena dengan kemiringan itu. Kemudian ada juga pohon besar yang hampir roboh yang diatasnya ada kabel listrik yang bersambungan dengan tiang listrik yang miring ini. Kami takut akan menimbulkan korban apabila tidak dibenarkan,” tukasnya.

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu ada kegiatan gotong royong diwilayah sekitar. Namun, saat diberi tahukan, pihak Pemkot hanya mendengarkan dan malah mempertanyakan bagaimana dengan penerangan jalan.

Ketika ia meminta agar pohon besar yang hampir roboh didepan asrama TNI tersebut dipotong, pihak Pemkot belum bisa melakukannya, dikarenakan bukan wewenangnya dan juga menerangkan kalau itu melanggar Peraturan Daerah (Perda).

“Batang besar itu hampir roboh dan banyak kabel listrik diatasnya, tapi saat kami minta ditebang, malah dijawab tidak boleh karena melanggar perda. Jadi, hanya dipangkas sedikit dari dahan batang yang mengganggu kabel listrik ini. Kalau sudah ada korban bagaimana,” jelasnya.

Baca Juga :   Warga Sulit Dapatkan Layanan Kesehatan, Akhor Siapkan Home Care

Sementara, Eli (35) warga sekitar menuturkan, bahwa batang besar itu kondisinya memang sudah lama seperti itu. Karena mengganggu kabel listrik yang ada diatasnya, jadi sebagian dahan pohon hanya dipangkas. Melainkan tidak ditebang seluruhnya.

Dilanjutkannya, kabel listrik diwilayah ini terbilang banyak. Dimana, bersambungan dengan gardu induk, tetapi sepertinya mengakibatkan kemiringan pada tiang listrik. Meski demikian, dinas terkait belum mau membenarkan tiang listrik tersebut apalagi menebang batang besar ini. Dikarenakan, mungkin melanggar Perda.

“Kita takutkan sewaktu-waktu batang besar ini akan roboh, karena akarnya yang berada diatas trotoar itu sudah mengangkat dan juga kemiringan pada tiang listrik yang kabelnya bersambungan dengan kabel listrik yang berada diatas pohon. Kita berharap dinas terkait bisa memberikan solusi karena ini tepat bersebelahan dengan kantor Pemerintah Kota Palembang,” tuntasnya. (rgn)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Harnojoyo Ingatkan Pejabat untuk Jadi Motivator

Palembang, KoranSN Walikota Palembang H Harnojoyo mengingatkan seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara agar menjadi ...

error: Content is protected !!