Warga Simpang Solar Kabupaten PALI Minta Pjs Kades Diberhentikan

Ratusan warga saat berunjuk rasa ke kantor Pemkab PALI. (foto/Anasrul)
Ratusan warga Desa Persiapan Simpang Solar  saat berunjuk rasa ke kantor Pemkab PALI. (foto/Anasrul)

PALI, SN

Ratusan warga Desa Persiapan Simpang Solar Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mendatangi kantor Bupati PALI di Jalan Merdeka Km. 10 Kelurahan Handayani Mulya, Selasa (25/10). Mereka menuntut diberhentikannya Anuar, Pjs Kades setempat, karena dinilai warga sudah bertindak arogan dalam kepemimpinannya.

Dalam orasinya, Koordinator Aksi, Bambang meminta ketegasan dan komitmen pemerintah dengan perjanjian yang sudah disepakati.

“Hari ini hampir empat bulan perjanjian itu disepakati, tapi Kades masih berkuasa dan malah tambah jadi. Kami ingin hari ini juga Kades itu diberhentikan,” teriaknya.

Orasi Bambang dibenarkan Hardi, salahsatu tokoh masyarakat setempat yang juga ikut berdemo, bahwa Kades mereka tidak lagi mengurusi kepentingan desa.

“Sekarang ini, tidak ada lagi musyawarah desa, Kades tidak ngurisi lagi pembangunan desa, bahkan saling tegur sapa dengan masyarakat juga tidak pernah lagi. Jadi sepatutnya diberhentikan dan diganti secepatnya,” ucapnya.

Menurut Hardi, ada tiga kesepakatan sebelumnya yang telah ditandatangani oleh perwakilan warga dan Pemkab PALI, yaitu akan meninjau ulang kinerja Kades selama tiga bulan, mempersiapkan pelantikan BPD dan tidak lagi mempekerjakan Sekdes yang sudah terlebih dahulu dipecat.

Baca Juga :   Bupati Lahat Serahkan Bantuan Warga Miskin

“Dari ke tiga kesepakatan itu, satupun tidak ada yang dibuktikan, Kades masih tetap melakukan kesalahan yaitu sering mengintimidasi, BPD sampai sekarang belum dibentuk, dan Sekdes secara diam-diam masih bekerjasama dengan Kades. Dasar itulah kami demo kembali dan tidak ingin ada keringanan lagi,” jelasnya.

Hardi juga meminta kepada Sekdes yang bersangkutan untuk meninggalkan desa mereka.

“Dulu kami tentram dan damai, tapi setelah masuk Sekdes itu, jadi kacau balau, karena beliau (Sekdes,red) dari luar desa kami dan sok ngatur serta sering membodohi kami. Jadi kami sarankan agar Sekdes keluar dari desa kami,” tandasnya.

Unjuk rasa sempat berjalan alot, dikarenakan warga tidak ingin melakukan diskusi di ruang aula Pemkab PALI.

Setelah dilakukan rapat mediasi antara perwakilan pengunjuk rasa dari Desa Persiapan Simpang Solar Kecamatan Talang Ubi dengan pemerintah Kabupaten PALI diwakili pihak kecamatan Talang Ubi dan BPMPD di aula kantor Bupati, akhirnya tuntutan warga dipenuhi.

Baca Juga :   Ilyas Bantu Raisha Bocah Penderita Tumor

Pemerintah melalui Camat Talang Ubi, Habibi Cik Ading berjanji akan mengambil alih pemerintahan di desa tersebut dan segera menunjuk Plh Kades.

“Tadi kita telah rembukan yang dipimpin langsung Asisten I dan disaksikan Asisten III serta BPMPD, dengan hasil yang disepakati pemerintahan di desa itu akan diambil alih, Plh Kadesnya segera ditunjuk agar tidak vakum, dan agar tidak ada kecurigaan warga, kita angkat dari pegawai kecamatan berstatus PNS,” ungkapnya. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Herman Deru Disambut Ribuan Muslimat NU

OKUT, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru menghadiri pengajian akbar Muslimat NU di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.