Warga SP Padang Gotong Royong Bangun Penutup Aliran Sungai

GOTONG ROYONG – Warga SP Padang bergotong royong membuat penutup aliran sungai. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, SN

Pembangunan di daerah harus mengedepankan semangat gotong royong. Bukan hanya kewajiban pemerintah, membangun desa butuh semangat bersama. Contoh baik ini dilakukan oleh warga masyarakat Desa Mangunjaya Kecamatan SP Padang OKI.

Mereka bekerjasama dengan pihak kecamatan dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura OKI bergotong royong membangun penebat atau penutup dan dinding aliran Sungai Arisan Tunggal yang berada di desanya. Gotong Royong ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah pusat dalam mensukseskan swasembada pangan.

Dengan semangat kebersamaan, warga di sana turun tangan bersama pemerintah setempat membangun dinding penahan air dengan menggunakan batang pohon dan terpal jemur. Dinding ini berfungsi untuk mengendalikan ketinggian air yang akan masuk ke sawah lebak milik masyarakat.

Baca Juga :   29 Siswa SMA Al Falah Jakarta Belajar Sejarah Budaya Besemah

“Tujuan dari penebatan atau penutupan aliran sungai ini agar sawah lebak yang berada di Desa Mangunjaya, Terusan Laut, Batu Ampar, Ulak Jeremun, Terusan Menang dan juga sebagian di Desa Serigeni Baru Kecamatan Kota Kayuagung agar dapat bertanam di sawah lebak milik mereka,” ujar Camat SP Padang, Herliansyah SSTP MSi, Kamis (20/7) pada saat ikut warga bergotong royong.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam mewujudkan pembuatan dinding penahan air tersebut, masyarakat Kecamatan SP Padang mendapat dukungan langsung dari Bupati OKI, H Iskandar SE dengan diberikannya bantuan dana untuk biaya makan kepada masyarakat.

Baca Juga :   Warga Desa Muara Ikan Desak Pemkab PALI Bangun Jalan Cor

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura OKI, Syarifudin SP MSi melalui Kepala UPTD Pertanian SP Padang, Herman SP mengatakan, luas lahan sawah yang berada di Kecamatan SP Padang tercatat 10.594 hektar, sedangkan untuk sawah pematang telah tertanam seluas 5.838 hektar. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dishub Empat Lawang Pasang Stiker Reflektor di Guardrail

Empat Lawang, KoranSN Dinas Perhubungan Kabupaten Empat Lawang memasang stiker reflektor di pagar pengaman (Guardrail) …