Rabu , Oktober 24 2018
Home / Kota Musi / Waspada! Jajanan Berformalin Masih Banyak Beredar

Waspada! Jajanan Berformalin Masih Banyak Beredar

dr Anton Suwindro.
dr Anton Suwindro.

Palembang, KoranSN

Masih banyaknya jajanan berformalin di beberapa pasar beduk di Kota Palembang yang dirilis oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palembang dalam sidak makanan beberapa waktu lalu, membuktikan bahwa formalin masih bebas dijual dan digunakan oleh rumah produksi makanan. Bahkan hal tersebut setiap tahun terjadi berulang-ulang.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Anton Suwindro mengatakan, kejadian ini terus berulang karena pihaknya sulit mengawasi para pelaku. Pasalnya para pelaku bukanlah orang-orang yang sama.

“Para pelaku ini berbeda setiap tahun dan ini terus tumbuh. Ini juga terjadi karena memang bulan Ramadhan adanya setiap tahun. Mereka (pelaku) ini juga banyak yang dadakan, mereka memanfaatkan peluang di moment Ramadhan ini saja,” ungkapnya, Kamis (9/6/2016).

Baca Juga :   Dukung LRT, BSB Kucurkan Rp 350 Miliar

Selain itu, menurut Anton, hal ini terjadi juga disebabkan karena masih minimnya pengetahuan pelaku industri rumah tangga terkait bahan-bahan berbahaya untuk makanan.

“Pembinaan kepada pelaku industri sudah kita lakukan, namun ini kan khusus untuk yang terdaftar saja. Sedangkan yang kebanyakan di pasar-pasar beduk ini merupakan industri dadakan. Dan apabila masih banyak yang menggunakan bahan formalin, dimungkinkan mereka tidak menyadari atau pura-pura tidak tahu. Tapi, kalau ini sudah masuk pasar bukan lagi wewenang kita untuk mengawasinya. Begitu juga untuk penjualan bahan formalin ataupun boraks di apotek, jika diberikan kepada konsumen yang tidak tepat atau dijual ilegal bukan tanggung jawab Dinkes,” tuturnya.

Baca Juga :   MEA Ancam Ratusan PHK

Anton menambahkan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya. Namun, hal ini tetap tak bisa dicegah apalagi jika bahan-bahan berbahaya tersebut di pasok dari luar daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Palembang, Dewi Isnaini menyampaikan, pihaknya hanya bertugas dalam hal pengawasan di pasar terkait stok dan harga.

“Jadi kalau masalah kesehatan terhadap jajanan yang dijual di pasar itu bukan wewenang Disperindagkop,” katanya singkat. (tya)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Anton Wijaya

Anton Wijaya

Lihat Juga

Kondisi Sungai Sebelah Camat SU I Hitam Pekat Penuh Sampah

Palembang, KoranSN Sungai mengering dikawasan Seberang Ulu (SU) I yang berada tepat disamping Kantor Camat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!