Waspada Orang Kontak Pasien Covid-19 di Palembang Berkeliaran!

Tampak Ruang Isolasi di RSMH Palembang. (Foto-Ferdinand/Dokumentasi)

Palembang, KoranSN

Warga Kota Palembang harus mewaspadai orang yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19, yang kini masih berkeliaran lantaran belum terlacak oleh Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Yusri, Kamis (21/5/2020) mengatakan, kluster penularan di Sumsel termasuk di Kota Palembang jumlahnya kini banyak. Sehingga Tim Gugus Tugas sulit melakukan pelacakan atau taraking 100 persen terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan pasien yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut.

“Jadi, untuk orang yang kontak dengan pasien Covid-19 di Palembang maupun di Sumsel ada yang belum terlacak hingga masih ada yang berkeliaran di luar. Sebab, tidak mungkin orang yang kontak tersebut bisa terlacak 100 persen, karena pasti ada yang terlewatkan,” katanya.

Menurut Yusri, pelacakan terhadap orang yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 dilakukan berdasarkan keterangan dari pengakuan pasien yang positif.

Baca Juga :   Harga Sayuran Melonjak Drastis

“Kalau pasien yang positif ini merupakan orang pekerja kantor mungkin bisa dilacak semuanya, tapi kalau profesi pekerja lainnya apa mungkin si pasien ini kenal dan ingat siapa saja orang yang dia jumpai selama 14 hari terakhir, atau minimal dua hari sebelum sakit. Karena inilah dalam pelacakan ada yang lolos dan dimungkinkan sudah terinfeksi virus hingga dapat menular ke orang lain di luar sana,” jelasnya.

Dilanjutkan Yusri, oleh karena itulah pihaknya menghimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, hindari kerumunan dan selalu mencuci tangan dengan sabun.

“Jadi, kami tegaskan sekali lagi agar warga selalu memakai masker saat keluar rumah dan jaga jarak agar tidak tertular virus corna ini. Selain itu segera bersihkan diri dengan mandi dan rendam pakaian menggunakan detergen ketika tiba di rumah,” ungkapnya.

Baca Juga :   Alex Minta Kepala Daerah Dukung Gubernur yang Baru

Lebih jauh dikatakan Yusri, sedangkan untuk perkembangan kasus positif Covid-19 di Sumsel saat ini jumlahnya telah mencapai 674 orang.

“Sementara untuk total sampel swab yang diperiksa di laboratorium berjumlah 2.812 sampel, terdiri dari; sampel orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 2.199, sampel pasien dalam pengawasan (PDP) 493 dan sampel orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 120 sampel. Sementara untuk sampel yang dinyatakan negatif berjumlah 302. Selain itu sampel swab yang hingga kini masih dalam proses pemeriksaan di laboratorium berjumlah 1.836,” tandas Yusri. (ded)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Rapid Test Gratis Bagi Terindikasi Covid-19, Untuk Mandiri Bayar Rp 300 Ribu Sampai Rp 500 Ribu

Palembang, KoranSN Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri, Senin (6/7/2020) mengatakan, pemeriksaan Rapid …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.