Waspada! Uang Palsu Pecahan Rp 100 Ribu Beredar di Muratara

Tampak upal pecahan 100 ribu rupiah yang beredar di Muratara.(foto-sunardi/koransn)

Muratara, KoranSN

Masyarakat di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) harus berhati-hati dan harus waspada menerima uang kertas. Pasalnya, saat ini uang palsu (Upal) suda beredar hingga ke pelosok desa.

Hal ini dialami oleh dua korban pemilik warung di Desa Lubuk Kemang, Kecamatan Rawas Ulu atas nama Kartila dan Samel alias Mak Itam, disaat oknum pengedar Upal berbelanja di warung milik mereka.

Kartila (30), menuturkan, jika pada Rabu sore (26/2/2020) sekitar pukul 16.00 WIB, satu dari dua orang yang diduga pelaku berbelanja di warung miliknya dengan menggunakan uang pecahan Rp 100 ribu untuk membeli sebungkus rokok.

“Saat transaksi, saya terima uang pecahan Rp 100 ribu rupiah dari tangan mereka. Saat itu saya tidak menaruh curiga dengan uang tersebut yang mereka berikan kepada saya, selang beberapa menit kemudian, barulah saya menyadari kalau uang yang dibelanjakan tersebut adalah palsu. Setelah saya tahu kalau uang itu palsu, kemudian saya bergegas keluar warung untuk memanggil kedua orang tersebut. Tapi kedua orang itu sudah keburu pergi dengan mengendarai sepeda motor,” tuturnya.

Baca Juga :   Kasus Ilegal Tapping Marak, Kapolres Siapkan Strategi

Hal serupa juga dialami oleh Samel atau Mak Itam. Ia menuturkan, modus pelaku persis sama dengan yang dialami oleh Kartila. Namun yang dilami oleh dirinya terjadi pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB dihari yang sama.

“Saya tahu uang itu palsu setelah saya bandingkan dengan uang kertas yang asli. Secara kasat mata, Upal tersebut kertasnya sangat berbeda dari uang kertas yang asli,” ceritanya.

Atas kejadian tersebut, mereka berharap kepada pihak terkait untuk segera mencari dan menindak tegas terhadap oknum pengedar Upal agar masyarakat yang lainnya tidak menjadi korban seperti kami ini. (snd)

Baca Juga :   Agustus 2019, Sudah Mulai Tahapan Pilkada PALI

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Tim Penanganan COVID-19 Telusuri  157 Warga Lubuklinggau

Lubuklinggau, KoranSN   Setiap hari penelusuran warga yang beresiko terpapar virus corona atau COVID-19 di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.