Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga Desember!

e9cfhnqd
FOTO/NET

Palembang,KoranSN
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Palembang menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem yang akan terjadi hingga bulan Desember nanti. Kepala Informasi BMKG Kelas I Kenten Palembang Indra Purna mengatakan, hujan deras di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) pada umumnya disebabkan adanya pertemuan dan belokan angin.

“Hal ini menyebabkan tumbuhnya awan-awan konvektif dan hujan disertai petir. Karakter cuaca di Sumsel ini rata-rata setiap harinya terjadi panas menyengat di siang hari, kemudian sore hari terjadi pertumbuhan awan. Makanya pada sore dan malam bisa terjadi hujan deras. Kira-kira cuaca seperti ini akan berlangsung hingga Desember nanti,” ungkapnya Rabu (23/11/2016).

Menurut Indra, cuaca ekstrem seperti ini akan berpengaruh pada kondisi tanah. Dimana tanah dapat menjadi labil dan rentan longsor maupun banjir.”Untuk curah hujan saat ini berkisar antara 400 mm per kubik. Diperkirakan curah hujan ekstrem hingga Desember ini memiliki rata-rata kecepatan angin 15 hingga 20 knot. Kita himbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, apalagi saat ini cuaca sulit diprediksi karena sewaktu-waktu bisa berubah,” jelasnya.

Baca Juga :   Bupati OKI Komitmen Bangun Keluarga Berkualitas

Selain itu, Indra menerangkan, untuk musim hujan sendiri akan berakhir pada bulan Mei 2017, kemudian baru akan masuk masa kering pada Juni 2017 di sebagian besar wilayah barat Indonesia termasuk Sumsel.”Tahun ini musim hujan lebih panjang dibandingkan tahun lalu. Ini dikarenakan anomali suhu laut yang terus meningkat di kawasan laut Sumatera yang berpotensi membawa uap air hingga terbentuk hujan,” tandasnya.

Dia menambahkan, suhu Udara Untuk sebagian besar wilayah Sumsel bagian Timur, seperti di dataran rendah sekitar Palembang, Muba, Banyuasin, OI, OKI sekitar 24 hingga 33 derajat Celcius, dengan kelembaban Udara 55% hingga 95% Suhu Udara. Sedangkan untuk Wilayah Sumsel bagian Barat di dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lahat, Pagar Alam berkisar anatra 21 hingga 30 derajat Celcius, dengan kelembaban Udara 60% – 95%.

Baca Juga :   Bupati Muratara Lantik 104 Pejabat Eselon 3 Dan 4

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah kab. OKU, OKUT, OKUS, OKI, MUBA, MURA, MURATARA, Lahat, Empat Lawang, Muaraenim, Kota Pagaralam dan Kota Lubuk Linggau pada siang hingga malam hari. Ini baru perkiraan saja, kondisi cuaca dapat berubah sewaktu-waktu,” pungkasnya. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

Shafira Nanda Yendra Harumkan Emirates Islamic School Lahat

Lahat, KoranSN Kembali putra-putri terbaik dari Kabupaten Lahat menorehkan prestasi, dalam Kejuaraan Kompetisi Saint Nasional …