Water Cannon Dikerahkan Semprot Disinfektan di Jalan Raya

Suasana penyemprotan disinfektan di jalan raya Kota Palembang. (Foto-Dedy/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Polda Sumsel, Selasa (31/3/2020) mengerahkan kendaraan Water Cannon Polri untuk menyemprot disinfektan di jalan raya yang ada di Kota Palembang. Kegiatan ini dilakukan secara serentak di semua jajaran Polres dan Polrestabes di wilayah Sumsel.

Sebelum penyemprotan disinfektan dilakukan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto memimpin apel kesiapan penyemprotan disinfektan di lapangan Mapolrestabes Palembang.

Dikatakan Kapolda, dirinya berharap bahwa seluruh masyarakat di Sumsel bisa mematuhi Maklumat Kapolri, karena pada hakekatnya Maklumat Kapolri dikeluarkan selain untuk mengamankan kebijakan pemerintah juga untuk menjaga keselamatan warga dan menjaga keselamatan rakyat dari penyebaran virus corona.

Menurutnya, dalam Maklumat Kapolri tersebut terdapat empat hal yang perlu dipatuhi oleh seluruh masyarakat, yang pertama dihimbau tidak melakukan kegiatan-kegiatan baik yang bersifat sosial kemasyarakatan ataupun keagamaan yang bisa mengumpulkan masyarakat dalam jumlah banyak, yang tentunya rentan terhadap penyebaran virus corona.

Baca Juga :   Tradisi Kemiliteran Iringi Pelepasa Brigjen Marga Taufiq

Kemudian yang kedua, diharapkan kepada masyarakat tidak khawatir berlebihan tapi tetap waspada dengan mematuhi apa yang menjadi himbauan dari pemerintah, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah sampai dengan pemerintah terkecil di lingkungan masing-masing seperti, RT, RW, Lurah, Camat.

“Himbauan dari pemerintah harus dipatuhi, karena pada hakikatnya himbauan-himbauan itu untuk menjaga keselamatan kita semua. Lalu yang ketiga, diharapkan kepada masyarakat tidak membeli bahan pokok secara berlebihan atau yang dikenal dengan panic buying. Jadi, beli secukupnya agar stok yang ada di Sumsel dan di Kota Palembang bisa cukup untuk dinikmati oleh seluruh masyarakat, apalagi kemudian sampai dengan melakukan penimbunan-penimbunan terhadap bahan pokok dan itu tidak diizinkan dan melanggar hukum,” tegasnya.

Dilanjutkannya, sementara yang keempat diharap masyarakat tidak memberikan pemberitaan-pemberitaan yang bersifat hoax, tidak mendasar hingga membuat masyarakat resah.

“Sebab pastinya jajaran kepolisian akan melakukan tindakan terhadap siapapun yang menyebarkan hoax. Itu upaya-upaya kita lakukan untuk kita bisa benar-benar menjaga keselamatan masyarakat Sumsel. Dan terkait penyemprotan disinfektan ini, kita menunjukkan kembali kepada masyarakat bahwa Polri bersama TNI, Unsur Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya peduli untuk keselamatan warga,” imbuhnya.

Baca Juga :   Pemadaman Karhutla Fokus di Muara Enim dan Muba

Oleh karena itu Kapolda berharap, warga juga peduli akan keselamatan masing-masing dengan cara mematuhi semua himbauan-himbauan yang diberikan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah sampai dengan pemerintah yang terkecil di tingkat RT.

Terpisah, penyemprotan disinfektan di jalan raya menggunakan kendaraan Water Cannon Polri juga dilakukan Polres Lahat di sejumlah jalan raya di Kabupaten Lahat. Kegiatan ini bertujuan untuk pencegahan dan mengantisipasi penyerbaran virus corona. (ded/rob)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Korban Corona di Palembang Terus Bertambah, 2 Warga Kembali Meninggal Dunia

Palembang, KoranSN Jumlah korban Covid-19 atau virus corona yang meninggal dunia di Kota Palembang terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.