Wirausaha Muda Ikuti Pelatihan Pengolahan Buah Nanas

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Amrullah Jamaluddin, SE membuka acara Pelatihan Keterampilan Pengolahan Buah Nanas di Kabupaten Muara Enim. (foto-yudi/koransn)

Muara Enim, KoranSN

Sebanyak 40 wirausaha muda mengikuti Pelatihan Keterampilan Pengolahan Buah Nanas di Kabupaten Muara Enim di Ballroom Hotel Griya Serasan Sekundang Kabupaten Muara Enim, kemarin.

Kegiatan Pelatihan Keterampilan Tahun 2019 di Kabupaten Muara Enim merupakan Program Pemerintah Pusat, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang di fasilitasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sumatera Selatan.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Amrullah Jamaluddin, SE mengatakan apresiasinya kepada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sumatera Selatan atas kerjasamanya, semoga kedepan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan terus melaksanakan kegiatan yang sama seperti ini di Kabupaten Muara Enim.

“Sinergitas yang baik antara Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terutama dalam hal usaha mikro kecil dan menengah, mempercepat pertumbuhan ekonomi, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,”terangnya.

Baca Juga :   Transaksi Lumbung Pangan Jatim melalui BUMDes Capai 200 Kali per Hari

Pemkab Muara Enim melihat potensi yang ada pada buah nanas, untuk Kabupaten Muara Enim termasuk komoditi unggulan penghasil buah nanas untuk Provinsi Sumsel. “Untuk itu perlu adanya pengolahan yang lebih tepat, hendaknya Buah Nanas ini bisa dikelola lebih mendalam seperti pembuatan Selai Nanas, Sirup Nanas dan pengolahan lainnya,”ujarnya.

Pemkab Muara Enim melalui pelatihan dikatakannya, bisa membekali wirausahawan untuk bisa berpartisipasi membangun Kabupaten Muara Enim bersama seperti halnya menurunkan angka kemiskinan satu digit.

Menurut Amrullah, tidak salah menetapkan Kabupaten Muara Enim sebagai tuan rumah, sebab Kabupaten Muara Enim terkenal dengan buah nanasnya. Bahkan, nanas sendiri saat ini tidak menjadi tanaman sela, dan sudah banyak masyarakat petani nanas di Kabupaten Muara Enim menjadikan nanas sebagai tanaman pokok. Kemudian, untuk wilayah produksi nanas banyak ditemukan di Kecamatan Rambang Dangku, Kecamatan Gunung Megang dan sekitarnya.

Baca Juga :   Kades Tak Boleh Mengeluarkan Kebijakan Sendiri Dalam Penggunaan Dana Desa

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel, Dra. Hj. Musiawati, MM, mengatakan dipilihanya Kabupaten Muara Enim menjadi tempat pelatihan pengolahan buah nanas karena produksi nanas Muara Enim tinggi setelah OKI, Lahat dan Muba.

“Selain itu, dengan pelatihan ini bisa melatih wirausaha muda dengan memanfaatkan buah nanas sehingga menjadi usaha yang menjanjikan ke luar Kabupaten dan Provinsi,” ungkap Musiawati.

Ditambahkan Wawan Gunawan, Ketua Panitia Pelaksana Pengolahan Buah Nanas yang juga sebagai Kepala UPTD Balai Pelatihan Koperasi Sumsel, bahwa harapan terbesar dengan pelatihan ini meciptakan wirausahawan tanguh dan handal dalam bidang pengolahan buah nanas. (yud)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Mendes PDTT: Sisa Dana Desa untuk PKTD Akan Serap Jutaan Tenaga Kerja

Jakarta, KoranSN Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.