Yonif Raider 200/BN Juara Lomba Tembak Senapan

Tampak salahsatu prajurit Yonif Raider 200/BN saat mengikuti Lomba Tembak Senapan. (foto-kodam)

Palembang, KoranSN

Tim Oramil dari Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha berhasil meraih peringkat pertama pada lomba Olahraga Militer (Oramil) untuk materi lomba ujian teori ilmu medan dilomba Oramil dalam rangka HUT Ke-72 Kodam II/Swj Tahun 2018 yang dilaksanakan di Gedung Sandy Wibowo Markas Yonif Raider 200/BN Gandus Palembang, Rabu (17/1/2018).

Lomba Oramil yang di selenggarakan di Markas Yonif 200/BN ini sudah memasuki hari ketiga lomba. Materi lomba yang dipertandingkan pada hari ketiga ini adalah ujian teori ilmu medan dengan materi yang diujikan meliputi; menyambung peta, mencari koordinat, tanda-tanda medan, reseksi dan interseksi (mencari kedudukan), menentukan arah dengan jarum jam, mencari koordinat pesawat jatuh dan cara menghitung ikhtilaf peta dan medan maghnet.

Seperti pada materi lomba Oramil sebelumnya, lomba ujian teori ilmu medan ini juga diikuti oleh delapan tim Oramil dari satuan baik Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam II/Swj, antara lain; Yonif Raider 200/BN, Yonif Raider 142/KJ, Yonif 143/TWEJ, Yonif 144/JY, Yonkav 5/DPC, Yon Armed 15/105 Tarik, Yonarhanud 12/SBP dan Yon Zipur 2/SG.

Dalam lomba Ujian Teori Ilmu Medan kali ini, untuk sementara nilai tertinggi diperoleh oleh Tim Oramil Yonif 144/JY dengan total nilai 285,9, hal ini berdasarkan hasil nilai murni yang digabungkan dari jumlah persolan materi teori ilmu medan sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh panitia lomba yaitu 2 x 45 menit.

Baca Juga :   Korban Corona Lagi, 2 Warga Palembang Meninggal

Adapun perolehan nilai Ujian Teori Ilmu Medan tertinggi kedelapan Tim berturut-turut sementara diraih pada peringkat pertama dari Yonif 144/JY dengan nilai 285,9 diikuti di peringkat kedua Tim Yonzipur 2/SG dengan raihan total nilai 280,7 dan peringkat ketiga diraih oleh Yonif 142/KJ dengan total nilai 279,1, kemudian diperingkat keempat dari Yonarmed 15/105 Cailendra dengan jumlah nilai 276,5, dikuti pada peringkat kelima dari Yonarhanud 12/SBP dengan nilai 264, diperingkat keenam diraih oleh Yonif Raider 200/BN dengan jumlah nilai 261,9, selanjutnya pada peringkat ketujuh dari Yonkav 5/DPC dengan nilai 237 dan pada peringkat kedelapan dari Yonif 143/TWEJ dengan jumlah nilai 171,1.

Hasil dari jumlah nilai Ujian Teori Imu Medan ini rencananya akan digabungkan dengan hasil nilai yang diperoleh pada lomba Aplikasi Ilmu Medan (praktek) yang akan lombakan pada hari keempat (esok) yang dilaksanakan disekitar Air Batu Komplek.

Baca Juga :   Kualitas Udara di Palembang Mulai Tidak Sehat

Aplikasi Ilmu Medan ini adalah salah satu materi lomba yang bukan hanya mengandalkan kemampuan fisik yang prima bagi para peserta lomba saja, tetapi juga mengandalkan pengetahuan Navigasi darat dalam menghitung dan menentukan koordinat serta membaca tanda-tanda medan pada Peta.

Sebelumnya pada pagi hari tadi, dilaksanakan juga lanjutan lomba menembak senapan yang sempat tertunda pada saat lomba dihari kedua. Dalam lomba tembak senapan ini keluar sebagai Juara 1 adalah Yonif Raider 200/BN dengan perolehan total nilai 6150, diikuti Juara 2 diraih oleh Yonarmed 15/105 Tarik Cailendra dengan jumlah nilai 6059 dan Juara 3 diraih oleh Yonzipur 2/SG dengan jumlah nilai 5961. Untuk Juara 4 diraih oleh Yonkav 5/DPC dengan total nilai 5770. (dam/den)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Diresmikan MenPAN-RB, Palembang Miliki Mall Pelayanan Publik

Palembang, KoranSN Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo hadir …