1 April Jembatan Endikat Pagaralam Ditutup





Petugas kepolisian saat melakukan pengecekan Jembatan Endikat. (foto-asnadi/koransn.com)

Pagaralam, KoranSN

Arus lalilintas (Lalin) di Jembatan Endikat akan ditutup pada 1 April 2018 mendatang. Penutupan tersebut dilakukan lantaran jembatan akan diperbaiki bersamaan dengan pelebaran jalan di wilayah Tebing Lematang Indah, Kota Pagaralam.

Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional Sumsel, Ir Rusman mengatakan, perbaikan lantai Jembatan Endikat sepanjang 50 meter dengan lebar 7 meter akan diperbaiki dengan menggunakan bracet saddle/beton pra cetak. Disamping itu juga akan dipasang penguatan dari kabel tendon external prestres, sehingga pengerjaannya tidak butuh waktu lama.

“Tidak akan menambah beban jembatan. Jika selama ini tonasenya 15 ton, nanti bisa 50 ton. Pengerjannya menggelontorkan APBN Rp 6 miliar. Diperkirakan sebelum Hari Raya Idul Fitri sudah selesai,” ujarnya, kemarin.

Ditambahkannya, jalan di Simpang Air Dingin di wilayah Tebing Lematang Indah dengan lebar 6 meter juga akan dilebarkan menjadi 11 meter. Jalan yang dilebarkan ini teknisnya akan menggantung di atas jurang.

Baca Juga :   Jelang Blusukan Nanan Nyekar ke Makam Orang Tua

“Membutuhkan dana Rp 19 miliar. Ini teknik pertama di Sumsel. Teknik ini sudah diterapkan di Aceh. Selama pengerjaan, jalan terpaksa ditutup. Dijadwalkan mulai 1 April hingga 9 Juni nanti,” terangnya.

Sementara ditutupnya jalan, menimbulkan banyak pertanyaan. Pasalnya, arus lalu lintas akan dialihkan ke Jalan Provinsi, Muara Siban-Gumay Ulu-Simpang Bacang. Dengan kondisi jalan yang sempit, penuh tikungan dan banyak jurang, sangat tidak mungkin dilalui truk distribusi bahan pokok.

“Harus ada pengalihan arus yang benar, Jalan Muara Siban tidak bisa dilalui truk besar. Jadi harus dibuat pos penjagaan, jangan sampai nanti ada yang nekat malah menelan korban jiwa,” terang Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIK melalui Kasubag Humas, Ipda Sabar T.

Baca Juga :   Wartawan Dituntut Kedepankan Kode Etik Jurnalistik

Kepala Dinas PUPR-BM Kota Pagaralam, H Hariadi Razak ST melalui Kabid Bina Marga, Adriansyah ST mengaku, pihaknya sudah melakukan persiapan dengan berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai rencana pengalihan jalur ke Pagaralam. Imbas, akan dilakukannya perbaikan jembatan Endikat yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Sejumlah pihak akan diundang mengenai pembahasan pengalihan jalur. Polres Pagaralam, Dishub, pelaku jasa angkutan, pengusaha kopi, sayur serta lainnya. Hal ini dilakukan, demi keselamatan pengemudi kendaraan yang akan melalui jalur alternatif,” ucapnya. (asn)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkab OI Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama

Indralaya, KoranSN Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar melalui Wakil Bupati H Ardani membuka …