1 Hektar Lahan di Prabumulih Terbakar





Tampak Damkar lagi berusaha memadamkan api. (Foto-Andi Fatra/KoranSN)

Prabumulih, KoranSN

Lahan seluas 1 hektar di kawasan Jalan Nigata Pertamina Kelurahan Sukajadi Kecamatan Prabumulih Timur, Kamis malam (19/7/2018) pukul 19.45 WIB terbakar.

Belum diketahui pasti penyebab terbakarnya lahan milik warga yang banyak ditumbuhi Pohon Akasia tersebut.

Menurut warga setempat, sambaran api dengan cepat merayap dan menghanguskan lahan hutan dan sebagian kebun karet warga. Diduga api berasal dari ulah salah satu warga yang membakar sampah di lokasi tersebut.

Agar kobaran api tidak terus merambat ke kawasan sekitarnya dan pemukiman warga, Pemerintah Kota Prabumulih menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar). Alhasil, keganasan api sekitar setengah jam berhasil dipadamkan.

“Karena lokasinya yang berada cukup jauh dari lokasi pemukiman warga, sehingga kurang terpantau. Tahu-tahu melihat api sudah membesar dan membakar lahan hutan dan kebun warga. Sekitar setengah jam lah api baru padam, setelah mobil Damkar datang memadamkan api,” sebut salah satu warga Kelurahan Sukajadi, saat ditemui tak jauh dari lokasi kejadian.

Pelda Subur Santoso, anggota Koramil Prabumulih yang bertugas saat itu mengatakan, dirinya mendapat telpon dari warga bahwa ada kebakaran hutan sekitar pukul 19.30 WIB di lingkungan RT 03 RW 03 Sukajadi.

Baca Juga :   Karang Jaya Promosikan Wisata Danau Bukit Layang

“Saat dicek benar, selanjutnya saya bersama warga menelpon pihak pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Penyebabnya, masih diselidiki pihak kepolisian sini,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK mengatakan, pihaknya hingga kini masih menyelidiki penyebab dan pelaku pembakaran lahan hutan dan kebun warga tersebut.

Disinggung apakah ada kesengajaan dari pembakaran lahan tersebut dan apa sanksinya untuk pelaku? Dijelaskan Kapolres jika pihaknya lebih dulu akan melakukan penyelidikan.

“Nanti dipidana karena melanggar UU PPLH dan UU Perkebunan, tapi ini masih melihat jenis lahannya dulu,” pungkasnya. (and)







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Lubuklinggau Juara 1 Lomba Kreasi Jingle Galeri Pelangi

Surakarta, KoranSN Mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Tim Kota Lubuklinggau raih juara pertama pada Lomba Kreasi …

error: Content is protected !!