1 Juta Surat Suara Dilipat







Suasana pelipatan surat suara Pilkada Banyuasin serta Pilgub Sumsel yang dilakukan KPU Banyuasin. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuasin mulai melakukan pelipatan surat suara Pilkada Banyuasin serta Pilgub Sumsel di aula KPUD Banyuasin. Total surat suara yang dilipat mencapai 1 juta surat suara.

Ketua KPU Banyuasin Dahri SAg saat di wawancarai Minggu (3/6/2018) mengatakan, tenaga pelipat menggunakan orang luar dari luar Sumsel.

Proses pelipatan tersebut telah dimulai, Jumat (31/5/2018) di aula Kantor KPU Kabupaten Banyuasin, yang disaksikan oleh komisioner Panwaslu Devisi HPP Zulkifli dan Perwakilan dari Polres Banyuasin.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Banyuasin, Dahri, kebijakan itu sesuai dengan saran dari Panwaslu Banyuasin bahwa pelipatan surat suara mengunakan tenaga dari PT Pura Barutama yang tak lain satu paket perusahaan yang mencetak kertas suara dari Kudus Jawa Tengah.

Baca Juga :   Pohon Kurma Nansuko Jilid I Berbuah, Nansuko Jilid 2 Bakal Bikin Pantai

“Ada 17 orang tenaga yang dibutuhkan untuk pelipatan kertas surat suara Pilkada, dan pegawai KPU hanya dilibatkan untuk sortir saja,” ujar Dahri.

Pertimbangan pihaknya, karena mereka ini sudah berpengalaman, bahkan sudah beberapa kali melakukan proses pelipatan surat suara di beberapa Kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

“Ini juga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti adanya oknum yang melakukan kecurangan dan lain sebagainya. Tapi itu sebagai antisipasi saja,” imbuhnya.

Saat ini tenaga dari Kudus sedang melipat dan sudah melaksanakan pengerjaan pelipatan surat suara dan menyusun Alat Tulis Kerja buat PPS, PPK di wilayah Banyuasin.

Ditargetkan pelipatan surat suara dan penyusunan ATK itu selesai 7-8 hari ke depan. “Kendati jumlah surat suara yang dilipat mencapai 1 juta lebih,” ungkapnya.

Baca Juga :   Tak Ada Surat Suara Pilpres, TPS 01 Kelurahan 20 Ilir Baru Mulai Pencoblosan Pukul 15.00 WIB

Adapun rinciannya, yaitu surat suara Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin sekitar 589.104 lembar dan surat suara Gubernur Sumsel dan Wakil Gubernur Sumsel sekitar 587.104 lembar. “Mereka ini profesional dan ahli,” katanya.

Seperti diketahui, Pilkada Banyuasin diikuti oleh lima pasang kandidat, yakni Agus Yudiantoro-Hazuar Bidui yang diusung PAN (6 kursi) dan PKS (3 kursi), Arkoni-Hazwar Hamid yang diusung oleh Hanura (5 kursi) dan PKB (5 kursi), pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin dari jalur perseorangan yaitu Buya HM Husni Thamrin Madani berpasangan dengan Supartijo, kemudian Syaiful Bakhri-Agus Salam diusung Partai Golkar (8 kursi) dan PKPI (1 kursi) dan H Askolani-Slamet diusung PDIP, Gerindra, PPP, Demokrat dan Nasdem (17 kursi). (sir)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Didukung 9 Parpol, Ratna-Suwarti Harapkan Mesin Partai Bergerak Hingga ke Pelosok

Musirawas, koranSN Dukungan partai politik (Parpol) ke pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas …

error: Content is protected !!