1014 Caleg Rebutkan 75 Kursi DPRD Sumsel







Suasana penetapan DCT di KPU Sumsel. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel secara resmi menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon Anggota DPRD Sumsel untuk mengikuti pemilihan legislatif (Pileg) 2019, Kamis (20/9). Sebanyak 1014 Caleg akan memperebutkan 75 kursi yang tersedia di DPRD Sumsel periode 2019-2024.

Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan, penetapan DCT sudah berdasarkan prosedur yang berlaku. Sebelum ditetapkan, KPU bersama pihak terkait lainnya mencermati nama bakal Caleg dari Daftar Calon Sementara (DCS) terlebih dahulu.

Dikatakan Aspahani, proses pencermatan DCS sebelum ditetapkan DCT tidak berlangsung lama, dan hasilnya tidak ada perubahan.

“Alokasi kursi DPRD Provinsi 75 kursi, jumlah DCT 1014 orang. Perbandingannya cukup lumayan,” kata Aspahani usai Rapat Pleno Penetapan DCT di KPU Sumsel, Kamis (20/9/2018).

Aspahani yakin penetapan DCT di Sumsel tidak menimbulkan permasalahan. Setelah ditetapkan, tahapan sudah masuk kampanye.

“Sudah dicek bersama. Setelah penetapan DCT sudah masuk kampanye sampai H-3 pencoblosan. Minggu (23/9/2018) ini kita akan menggelar deklarasi kampanye damai di Kambang Iwak,” pungkasnya.

Penetapan DCT oleh KPU Sumsel melibatkan 16 partai politik peserta pemilu dan Bawaslu Sumsel.
Sementara Komisioner KPU Sumsel Ahmad Naafi menambahkan, setelah penetapan DCT, masyarakat disilahkan untuk menelaah dan memberi masukan kepada KPU Sumsel terkait Caleg yang telah ditetapkan.

Baca Juga :   Prabowo-Gibran Pimpin Hasil Survei Exit Poll Indikator Politik

Menurut Naafi, Caleg yang yang sudah masuk DCT masih berpeluang untuk dibatalkan, jika ada warga yang menggugat atau mensengketakannya, baik ke Bawaslu maupun melalui PTUN.

“Jika hal yang disengketakan itu berkekuatan hukum tetap atau inkracht dan Caleg itu dinyatakan bersalah, baik yang dikeluarkan oleh Bawaslu maupun PTUN, maka Caleg yang disengketakan dapat digugurkan,” beber Naafi. (awj)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkab Banjarnegara Gelar Gerakan Pangan Murah dan Bazar Pangan

Banjarnegara, KoranSN Pj Bupati Banjarnegara, Muhammad Masrofi membuka Gerakan Pangan Murah (GPM) dan bazar pangan …

error: Content is protected !!