12 Hektar Lahan Terbakar





Api yang membakar lahan di samping Jalan Tol Palindra saat dipadamkan Satgas Udara Penanggulangan Kathutla Sumsel dengan water bombing. (foto-istimewa/BPBD)

Palembang, KoranSN

Lahan dengan luas sekitar 12 hektar di samping Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Kabupaten Ogan Ilir yang terdiri dari dua lokasi yakni; sekitar 7 hektar lahan di Desa Muara Dua dan sekitar 5 hektar lahan di Desa Muara Baru, Kamis siang (23/8/2018) terbakar.

Atas kejadian ini, pihak kepolisian dari Polres Ogan Ilir masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kebakaran lahan tersebut guna menangkap pelakunya.

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Ghozali Ahmad mengatakan, lahan yang terbakar berada di samping Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra). Dimana terdapat dua lokasi lahan di dua desa yang terbakar.

“Untuk di Desa Muara Dua luas lahan yang terbakar sekitar 7 hektar sedangkan lahan terbakar di Desa Muara Baru sekitar 5 hektar. Sore tadi (kemarin) api sudah berhasil dipadamkan,” katanya saat dihubungi Suara Nusantara.

Baca Juga :   Rekan Dipukuli saat Jemput Orderan, Ratusan Driver Ojol 'Geruduk' Lokasi Kejadian

Masih dikatakan Kapolres, lahan di dua desa yang terbakar tersebut merupakan lahan tidur milik masyarakat. Sedangkan untuk penyebab kebakaran kini masih dilakukan penyelidikan oleh pihaknya.

“Untuk penyebabnya kami tidak bisa menduga-duga, karena harus berdasarkan fakta yang ada, makanya kami akan melakukan penyelidikan untuk mengungkapnya penyebab kebakaran di dua desa tersebut,” ujarnya.

Lanjut Kapolres, guna kepentingan penyelidikan pihaknya juga telah memasang police line di dua lahan yang terbakar.

“Sesuai petunjuk dan arahan dari Mabes Polri dan Kapolda Sumsel maka kami memasang garis polisi di lahan yang terbakar tersebut. Sejauh ini belum ada pihak yang kami amankan, karena kami masih melakukan penyelidikan,” tandas Kapolres.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Iriansyah mengungkapkan, sekitar pukul 17.00 WIB sore api yang membakar lahan di samping Tol Palidra berhasil dipadamkan oleh Satgas Karhutla Sumsel.

Baca Juga :   Hindari Pejalan Kaki Gadis Manis Jatuh Terlindas Truk

“Kalau luasnya kami tidak terlalu tahu, sebab kami fokus melakukan pemadaman. Dimana dalam pemadaman ini kami mengerahkan 4 unit helikopter melakukan water bombing. Selain dari udara, pemadaman juga dilakukan oleh Satgas Darat hingga akhirnya api yang membakar lahan tersebut berhasil dipadamkan,” jelasnya.

Lanjut Iriansyah, kebakaran lahan dan hutan bukan hanya terjadi di samping Jalan Tol Palindra saja. Sebab kebakaran lahan juga terjadi di kawasan Pangkalan Lampan Kabupaten OKI.

“Kalau untuk kebakaran lahan yang terjadi di OKI juga sudah kami lakukan pemadaman dengan mengerahkan Satgas Karhutla,” tutupnya. (ded)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Vendor: Kementan Berutang Rp 1,6 Miliar Usai Penuhi Permintaan SYL

Jakarta, KoranSN Salah satu vendor di Kementerian Pertanian (Kementan), PT Haka Cipta Loka dan Haka …

error: Content is protected !!