13 Balon Kades Ikuti Tes Psikologis

tes Psikolog klinis balon kades diadakan digedung serbaguna talang ubi, Selasa (7/3/2017). (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terkait Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang calonnya lebih dari lima, kemarin (7/3/2017) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melaksanakan Tes Psikologis Klinis Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) menjelang Pilkades serentak, 4 April mendatang.

Sebanyak 13 Balon Kades dari Desa Tanah Abang Utara dan Desa Tanah Abang Selatan tampak secara hikmat mengikuti tes psikologis yang digelar di Gedung Serbaguna bekerja sama dengan tim Psikologis Klinis RSUD HM Rabbain Muara Enim.

Edi Irwan, SE MSi Kepala bidang pemberdayaan DPMD Kabupaten PALI menuturkan bahwa tes psikologis yang dilakukan kemarin merupakan salah satu cara yang diterapkan oleh Pemkab PALI untuk menjaring Balon Kades, karena dalam Perda Kabupaten PALI maksimal peserta pilkades sebanyak lima orang calon.

Baca Juga :   Petani Banyuasin Ramai Ramai Ikut Asuransi

“Sesuai Perda PALI Tahun 2016 tentang Pilkades, setiap desa yang akan melakukan pilkades, maksimal calon yang akan dipilih maksimal lima kandidat. Lebih dari itu kita gugurkan dengan cara tes psikolog klinis. Jadi, yang lebih dari lima kita buat menjadi lima orang.” terang Edy Irwan saat dibincangi SN usai gelaran tes psikologis, Selasa (7/3/2017).

Nantinya, pihaknya akan memutuskan siapa saja yang lolos menjadi calon kades setelah keluar hasil tes psikologisnya.

“Pengurangan dilakukan setelah hasil dari tim psikolog keluar. Yang mengikuti ada 13 balon kades dari dua desa dikecamatan Tanah Abang,” tambahnya Ditempat yang sama, ketua tim pelaksana tes Psikolog Klinis dari Rumah Sakit (RS) Rabain Muara Enim, dr. Helen Arlina, menerangkan bahwah tes yang lakukan hanya bentuk tertulis, dan pembahasan materi ditanyakan kepada para kandidat balon kades hanya seputaran kemampuan diri.

Baca Juga :   Baznas Muara Enim Gelar Festival Anak Yatim Piatu & Dhuafa

“Dari soal-soal yang kita tanyakan semuanya mencakup potensi diri, intinya bagaimana sifat kepribadian, cara kerja dan kinerja mereka (balon kades, red). Sifat psikotik mereka, potensi, dan menggali wawasan mereka. Dari hasil pertanyaan yang mereka jawab disana dapat dilihat siapa yang unggul. Dan untuk hasil akan dikeluarkan terhitung tiga hari dari sekarang,” pungkasnya. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pelajari Retribusi Menara Telekomunikasi, DPRD Prabumulih Kunker OKU Timur

Martapura, KoranSN Komisi III DPRD Kota Prabumulih melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Komunikasi dan …