13 Tim Siap Ramaikan IMT



Salah satu peserta dalam event Musi Triboatton. (foto/net)
Salah satu peserta dalam event Musi Triboatton. (foto/net)

Palembang, SN

Sebanyak 13 tim baik dari nasional maupun internasional siap ramaikan pergelaran Internasional Musi Triboatton (IMT) IV tahun 2015 yang dibuka Selasa malam (15/12). Demikian diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Irene Camelyn Sinaga, Senin (14/12).

“13 tim Peserta tersebut diantaranya 8 tim dari Indonesia dan 5 tim internasional yakni Singapura, Malaysia, Filipina dan Brunai Darusalam. 1 tim terdiri dari 15 sampai 20 orang jadi total yakni 264 orang,” katanya.

Dijelaskannya, pembukaan ini sendiri akan dilakukan di Kabupaten Musirawas tepatnya di Desa Tugumulyo, sedangkan untuk perlombaannya akan dilakukan pada Rabu (16/12) yang akan dibuka oleh Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara dari Kementerian Pariwisata atau yang mewakil serta akan dihadiri juga Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin atau yang mewakili.

“Perlombaan Musi Triboaton ini sendiri terdiri dari 5 etape dengan panjang 524 KM Sungai Musi. Adapun kelima etape itu yaitu etape I di Desa Tanjung Raya Kabupaten Empat Lawang, etape II di Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas (Mura), etape ke III Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), etape IV di Kabupaten Banyuasin dan etape ke V atau yang terakhir yaitu di Kota Palembang. Di masing-masing etape akan menampilkan hiburan, budaya lokal, makanan lokal dan ekspo-ekspo,” urainya.

Ia juga menerangkan, dalam event ini sendiri yang dipertandingkan 3 nomor yaitu dragon boat, river boat dan kayak. Event ini juga telah mendapatkan dukungan dari federasi internasional perahu naga atau IDBF (International Dragon Boat Federation) akan finish di Palembang pada 19 Desember 2015.

Baca Juga :   Kontribusi BUMD Terhadap PAD Masih Minim

“Nantinya sebagian peserta akan diinapkan di hotel dan sebagian lagi akan diinapkan di rumah penduduk (Home Stay) untuk memberdayakan penduduk lokal,” terangnya.

Untuk anggaran sendiri, lanjut Irene, pergelaran event olahraga berkonsep Sport Tourism tersebut menggunakan anggaran dari Kementerian, Provinsi dan Kabupaten/Kota tempat pelaksanaan perlombaan itu. Untuk jumlah anggaran dari Provinsi Sumsel sendiri yakni Rp 350 juta.

“Anggaran tersebut bukan hanya untuk event IMT tetapi untuk sebagian event lainnya. Kami optimis pergelaran event ini lancar dan nantinya peserta dari Sumsel akan masuk dalam tiga besar mengingat dari 13 tim peserta tersebut dua diantaranya dari Provinsi Sumsel,” tandasnya. (wik)







Publisher : awik obsesi

Lihat Juga

Verstappen Nantikan Persaingan yang Lebih Kompetitif Musim Ini

Jakarta, KoranSN Pembalap Red Bull Max Verstappen mengaku menantikan lebih banyak persaingan yang lebih kompetitif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    error: Content is protected !!