14 Desa di PALI Siaga Banjir





Banjir yang menggenangi jalan di Desa Babat. (Foto-Istimewa)

PALI, KoranSN

Intensitas hujan yang turun ke Bumi Serepat Serasan tinggi beberapa hari terakhir, menyebabkan 14 desa di Kabupaten PALI berada dalam kondisi siaga banjir.

Informasi yang dihimpun SN, saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten PALI telah menyatakan status siaga di wilayah tersebut, dan telah mendirikan dua posko untuk mengantisipasi kemungkinan buruk.

“Untuk di kecamatan Tanah Abang ada 10 desa, tepatnya di tepian sungai Lematang, sedangkan untuk poskonya kita dirikan di desa Curup. Sementara untuk di wilayah kecamatan Penukal ada empat desa yang terendam banjir. Empat desa itu antara lain, Babat, Purun Induk, Purun Selatan dan Mangku Negara. Kalau di wilayah ini, posko kita dirikan di Desa Babat tepatnya di Depan Kantor Camat Penukal,” ungkap Junaidi, kepala BPBD Kabupaten PALI saat dihubungi media ini, Kamis (15/3/2018) sore.

Baca Juga :   DPRD & Pemkab Sepakati Raperda Perubahan RPJMD Muaraenim jadi Perda

Dalam mendirikan posko, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan pihak kecamatan masing-masing serta dibantu juga warga.

Untuk ketinggian air, lanjut Junaidi, di kecamatan Tanah Abang mencapai ketinggian hingga 2 meter, yang kondisinya masih di bawah rumah warga yang mayoritas rumah panggung.

“Kalau di kecamatan Penukal, mulai 60 cm sampi 150 cm, luapan air dari sungai Sebagut, dan kondisinya saat ini sudah menyebrang jalan raya PALI-MUBA,” imbuhnya.

Selain itu, Junaidi juga menghimbau kepada warga agar tetap waspada, dan menaruh barang-barang elektronik ditempat yang tinggi atau tempat aman.

Baca Juga :   Masyarakat Minta Bupati Tes Urine Jajarannya

“Tetap harus waspada, karena jika turun hujan lagi sangat memungkinkan debit air akan meninggi. Dan alhamdulillah saat ini kondisi tetap terpantau oleh kita serta tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.” pungkasnya. (ans)

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Wali Kota Lubuklinggau : Jaga Nama Baik Lubuklinggau Di Peparprov III Sumsel

Lubuklinggau, KoranSN Walikota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe berpesan kepada seluruh atlet dan official …