Cegah Covid-19, Pemerintah Diminta Rapid Test Para Pedagang di Palembang

Pengamat Covid di Sumsel Ocktap Riady. (Foto-Istimewa)

 

Palembang, KoranSN

Akhirnya ada pedagang tradisional yang meninggal diduga kuat karena Covid-19. Sejak awal Ocktap Riady selaku Pengamat Covid di Sumsel sudah meminta Pemerintah Kota Palembang dan walikota dan jajaran untuk memeriksa Rapid Test atau swab test terhadap semua pedagang tradisional agar penyebaran Covid-19 bisa dicegah.

Hal ini mengingat, pasar merupakan tempat yang ramai dan menjadi lokasi orang berkumpul.

Ocktap Riady juga sebelumnya telah meminta agar pihak Pemkot Kota Palembang melakukan pemeriksaan terhadap para pembeli, minimal memeriksa suhu tubuh sebelum memasuki pasar.

“Beberapa waktu lalu saya sudah bicara agar pasar tradisional dijaga dengan ketat agar tidak ada penularan covid di sana. Lakukan rapid test atau swab. Berikan tempat cuci tangan, dan lakukan terus sosialisasi tentang bahaya berkerumun terlalu dekat,” ungkapnya.

Baca Juga :   Alex Undang LVRI Sumsel Jajal LRT

Menurutnya, Pasar Kebon Semai tempat salah satu pedagang meninggal dunia harus segera ditutup dulu, dan semua pedagang di sana juga harus dilakukan swab test. Selain itu, pasarnya harus disemprot baru kemudian dibuka kembali.

Ia mengingatkan, jika sudah banyak contoh pasar menjadi tempat penyebaran virus corona, seperti yang terjadi di Bondowoso, Surabaya, Padang dan daerah lainnya.

“Yang saya takutkan akhirnya terjadi di Palembang. Pedagang di Kebon Semai Sekip mungkin kasus yang terlihat atau terungkap. Mungkin ada juga kasus lainnya di pasar lain tapi belum terungkap. Jika ada yg meninggal baru terungkap,” jelasnya.

Baca Juga :   Griya Agung Gelar Pisah Sambut Kapolda Sumsel

Dari itu Ocktap Riady meminta agar Pemkot Palembang beserta Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid segera melakukan Rapid Test kepada seluruh pedagang, atau penjual di seluruh pasar tradisional di Kota Palembang.

“Kalau tidak dilakukan, kita tunggu saja pasien positif lainnya yang berasal dari pedagang,” ujarnya. (ded)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Pasien Corona Meninggal di Sumsel Bertambah 3, Sambuh 8 Orang

Palembang, KoranSN Jumlah pasien positif Covid-19 meninggal dunia dan pasien sembuh di Sumsel, Sabtu (11/7/2020) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.