150 Calon Jamaah Umroh di Pagaralam Diduga Ditipu Abu Tour

Tampak suasana pemeriksaan Kantor Abu Tours Cabang Palembang. (Foto-dok/Dedy/Koransn.com)

Pagaralam, KoranSN

Sebanyak 150 calon jamaah umroh asal Kota Pagaralam melapor ke Kementrian Agama Kota Pagaralam, diduga tertipu agen perjalanan umroh Abu Tour. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pagaralam, H Win Hartan.

“Setelah ada pemberitaan sekaligus dinyatakan kebangkuratan, ada sebanyak 150 Calon Jamaah Umroh asal Kota Pagaralam yang melapor ke kita, diduga telah ditipu penyelenggara agen perjalanan umroh Abu Tour. Laporan para korban ke kita (Kanmenag), kebanyakan mengeluhkan belum diberangkatkan, padahal sudah membayar biaya umroh,” kata Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pagaralam, H Win Hartan.

Masih dikatakan Win Hartan, sebelumnya pihak Abu Tour memang telah melayangkan izin di Kantor Kementrian Agama Kota Pagaralam, namun pada kenyatannya ada dugaan penipuan. Pasalnya, paket biaya umroh yang ditawarkan jauh lebih murah dari standar biaya umroh pada umumnya yakni sekitar Rp 18 juta.

Baca Juga :   Polisi Tangkap Pelaku Pembakar Lahan

“Kecurigaan ini sudah dari tahun lalu, saya mengingatkan masyarakat jangan sampai tergiur dengan biaya umroh murah,” ujarnya.

Lebih jauh diterangkan Win Hartan, biaya umroh Rp 18 juta tidak mungkin. Sebab dipastikan agen travel akan rugi, karena belum membiayai pesawat yang jika diestimasikan pulang pergi dikisaran Rp 15 juta, belum lagi biaya makan, penginapan, sewa bus dan banyak rangkaian lainnya.

“Biaya umroh tidak ada subsidi. Beda lagi kalau biaya haji, pastinya disubsidi pemerintah. Sedangkan untuk penyelesaian dugaan kasus penipuan ini, data para korban telah kami laporkan ke Kanwil kementrian Agama Provinsi Sumsel untuk ditindaklanjuti,” ucapnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar lebih mewaspadai penipuan perjalanan umroh dan haji. Perhatikan agen umroh dan haji yang dipilih, tentunya memiliki izin dari Kementrian Agama, memiliki jadwal keberangkatan dan biaya yang ditawarkan idealnya sekitar Rp 27 juta. Dibawah harga ini, tidak mungkin.

Baca Juga :   Selama Enam Bulan, Puluhan Kali Bunga Disetubuhi

“Kementrian Agama Kota Pagaralam akan terus mengawasi agen perjalanan umroh dan haji yang beroperasional di Kota Pagaralam, agar masyarakat jangan mudah tertipu dan tergiur dengan biaya umroh dan haji murah,” pesannya.

Sejauh ini sebutnya, sudah ada sebanyak 9 agen travel umroh dan haji resmi yang melapor di Kementrian Agama Kota Pagaralam, diantaranya Arminereka, Syuhada, dan Tazkia. (asn)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pembunuh Bayi di Barito Utara Seorang Bidan

Muara Teweh, KoranSN Kepolisian Resor Barito Utara, Kalimantan Tengah, menangkap pelaku yang membuang sekaligus membunuh …